Yogi Adityanath, Pendeta Anti-Muslim Berpeluang Jadi PM India Gantikan Modi

Selasa, 08 Februari 2022 - 15:07 WIB
loading...
Yogi Adityanath, Pendeta Anti-Muslim Berpeluang Jadi PM India Gantikan Modi
Yogi Adityanath, pendeta yang terkenal dengan retorika anti-Muslim, berpeluang menjadi pemimpin masa depan India menggantikan Perdana Menteri Narendra Modi. Foto/REUTERS
A A A
NEW DELHI - Seorang pendeta Hindu yang dikenal dengan retorika anti-Muslimnya yang berapi-api memimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) dalam pemilu di negara bagian terpadat di India . Posisinya yang kuat dapat membuatnya menjadi pemimpin masa depan menggantikan Perdana Menteri (PM) Narendra Modi.

Yogi Adityanath (49) telah menimbulkan kontroversi sejak pengangkatannya yang mengejutkan pada tahun 2017 sebagai Kepala Menteri atau Menteri Utama Uttar Pradesh, sebuah negara bagian di India utara yang berpenduduk lebih dari 200 juta orang—lebih dari seluruh populasi Brasil.

Pemerintah tidak melakukan apa pun untuk meredam pandangannya, dan saat dia mencari masa jabatan kedua, dia mendesak pemilih Hindu untuk mendukung BJP sambil bersikap kasar terhadap Muslim yang merupakan seperlima dari populasi negara bagian Uttar Pradesh.



Sebagai anak didik garis keras Modi, Adityanath telah melonjak popularitasnya, berkat pidato dan proyeksinya yang berapi-api sebagai administrator yang tangguh dan tanpa basa-basi.

"Dia dengan berani terbuka tentang politik dan ideologi Hindunya. Dia telah memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin Hindu dan itulah yang membuatnya mendapat banyak suara dan suara," kata jurnalis dan komentator politik Sunita Aron.

"Ketika dia melakukan hujatan terhadap Muslim, dia menarik perhatian dan penonton," katanya kepada AFP, Selasa (8/2/2022).

Menjelang pemilu Uttar Pradesh (10 Februari-7 Maret 2022), pendeta berpakaian warna kunyit tidak berbasa-basi, mengatakan itu akan menjadi pertarungan antara "80 persen dan 20 persen", mengacu pada perpecahan demografis negara bagian tentang agama.

Kerumunan memadati pertemuan umum untuk melihat sekilas pendeta itu, meskipun ada pembatasan terkait pandemi COVID-19, bersorak keras setiap kali dia membuat referensi mengejek kepada pemilih Muslim.

"Mereka adalah penyembah Jinnah," bunyi tweet-nya bulan lalu, merujuk pada Mohammad Ali Jinnah, pendiri tetangga saingan berat India, Pakistan.

"Pakistan sayang bagi mereka, kami mengorbankan hidup kami untuk Maa Bharati (Ibunda India)."

Terlahir sebagai Ajay Singh Bisht, Adityanath berasal dari latar belakang yang sederhana, di mana ayahnya adalah seorang penjaga hutan dan dia adalah salah satu dari tujuh bersaudara.

Saat belajar matematika di sebuah universitas, Adityanath menjadi aktivis di sayap mahasiswa Rashtriya Swayamsevak Sangh, sebuah organisasi Hindu sayap kanan yang dianggap sebagai sumber ideologis BJP.

Setelah lulus, dia menjadi pendeta Kuil Gorakhnath, yang dikenal dengan tradisi supremasi Hindu yang kuat, dan pada saat yang sama terjun ke dunia politik, terpilih menjadi anggota Parlemen untuk pertama kalinya pada tahun 1998 dalam usia 26 tahun.

Dalam perjalanannya, dia mendirikan pasukan pemuda main hakim sendiri bernama Hindu Yuva Vahini.

Relawan dari kelompok itu secara teratur menyerang Muslim yang dituduh menyembelih sapi atau "cinta jihad"—istilah yang digunakan oleh ekstremis nasionalis untuk menuduh pria Muslim merayu wanita Hindu untuk memaksa mereka pindah agama.

Sapi dianggap suci oleh umat Hindu dan penyembelihannya dilarang di banyak negara bagian, termasuk Uttar Pradesh.

Adityanath sendiri memiliki beberapa kasus pidana yang menunggunya di berbagai pengadilan.

Pada 2007, dia menghabiskan 11 hari di penjara karena mencoba memicu ketegangan komunal. Dalam satu pidatonya dia bersumpah: "Jika mereka (Muslim) membunuh satu orang Hindu, maka kami akan membunuh 100 pria Muslim."

Tetapi ketenarannya tidak menghalangi kemajuannya di dua jalur, yakni menjadi imam pendeta di kuilnya dan menjadi Menteri Utama Uttar Pradesh.

Setelah mengambil kendali sebagai Menteri Utama Uttar Pradesh, Adityanath mengumumkan pembatasan rumah jagal dan penggunaan pengeras suara untuk adzan, memicu suasana ketakutan dan intimidasi.

Laporan media India mengatakan lebih dari 100 tersangka kriminal—kebanyakan dari mereka Muslim atau pun kasta Dalit—telah dibunuh secara ekstra-yudisial oleh polisi Uttar Pradesh di bawah pemerintahannya. Namun, Adityanath membantahnya.

Gaya politiknya sangat selaras dengan partainya, yang telah dituduh memicu intoleransi agama untuk keuntungan elektoral, mempertanyakan kredensial sekuler dan demokratis India yang telah lama dihargai.

Adityanath juga tampaknya menjadi pelengkap untuk Modi, mendorong agenda mayoritas Hindu partai dengan ganas sementara perdana menteri sampai batas tertentu dibatasi oleh kewajiban kantornya.

Di dalam partai, dia dipandang sebagai calon penerus Modi, yang 20 tahun lebih tua darinya.

Aksinya yang kuat dalam Pemilu Uttar Pradesh yang berlangsung selama tujuh putaran pemungutan suara sebelum penghitungan pada pekan awal Maret—akan meningkatkan status itu.

Jajak pendapat menempatkan BJP di sekitar 43 persen, jauh di depan partai sosialis Samajwadi dan cukup mudah untuk menjadi mayoritas mutlak.

"Terlalu dini untuk mengatakan tentang perannya di masa depan. Tetapi jelas bahwa dia adalah yang kedua setelah Modi," kata seorang anggota BJP kepada AFP, yang meminta namanya tidak disebutkan.

"Mungkin agak terlalu dini, tetapi tentu saja dia adalah pesaing untuk pekerjaan perdana menteri."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)