Putin: Hubungan Rusia-China Sekarang Tak Pernah Terjadi Sebelumnya

Sabtu, 05 Februari 2022 - 05:45 WIB
loading...
Putin: Hubungan Rusia-China Sekarang Tak Pernah Terjadi Sebelumnya
Presiden China Xi Jinping menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin di Beijing, China. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Persahabatan antara Rusia dan China telah menjadi contoh bagaimana kedua negara dapat berkembang bersama dan saling mendukung “hampir di semua bidang”.

Pernyataan itu diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (4/2/2022).

Berbicara kepada Presiden China Xi Jinping pada pertemuan tatap muka pertama mereka sejak awal pandemi Covid-19, Putin mencatat bagaimana Moskow dan Beijing terus berhubungan dan meningkatkan kerja sama.

Baca juga: Buku Baru: Elite AS yang Korup dan Kaya Bantu China Menang Persaingan

“Mengenai hubungan bilateral kami, mereka memang berkembang terus dalam semangat persahabatan dan kemitraan strategis,” ungkap Putin dalam komentar yang disiarkan secara publik sebelum dimulainya pertemuan.

Baca juga: AS Tuding Rusia Mencoba Mengintimidasi Jepang

Putin menambahkan, “Mereka telah memperoleh sifat yang benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan contoh hubungan yang layak yang membantu kedua belah pihak berkembang dan, pada saat yang sama, saling mendukung dalam perkembangan mereka.”

Baca juga: Bak Ninja, Pertarungan Pisau dan Pedang Kagetkan Penumpang Bus London

Setelah pertemuan antara dua pemimpin, Rusia dan China mengeluarkan pernyataan bersama yang menggemakan nada komentar Putin.

“Persahabatan antara kedua negara tidak memiliki batas, tidak ada bidang kerja sama yang ‘terlarang’, penguatan kerja sama strategis bilateral tidak ditujukan terhadap negara ketiga atau terpengaruh oleh perubahan lingkungan internasional dan perubahan tidak langsung di negara ketiga,” papar pernyataan bersama tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1387 seconds (10.177#12.26)