Mengenal Seragam Polisi India yang Disamakan dengan Baju Satpam Indonesia

Rabu, 02 Februari 2022 - 17:16 WIB
loading...
Mengenal Seragam Polisi India yang Disamakan dengan Baju Satpam Indonesia
Seragam polisi India berwarna khaki sedangkan warna seragam satpam Indonesia adalah krem. Foto/DNA India
A A A
JAKARTA - Polri secara resmi memperkenalkan seragam baru Satuan Pengamanan atau Satpam pada hari ini, Rabu (2/2/2022), bertepatan dengan HUT ke-41 personil keamanan itu di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Perilisan seragam baru satpam ini sontak mendapat tanggapan dari masyarakat yang menyebutnya mirip dengan seragam polisi India . Bahkan, itu terjadi sejak awal rencana ini dicetuskan oleh Polri beberapa waktu lalu.

Lalu apakah benar warna seragam satpam di Indonesia sama dengan warna seragam polisi India?

Dikutip dari situs DNA India, warna seragam polisi di negara itu adalah warna Khaki. Menurut sejumlah situs, warna ini berbeda dengan warna krem yang menjadi warna bagi seragam satpam di Indonesia. Warna yang mempunyai arti tanah ini adalah warna kuning kecoklat-coklatan hingga nuasanya lebih ke arah warna yang lebih muda.



Sedangkan krem adalah warna pastel kuning yang termasuk dalam tipe atau turunan dari warna kuning tersebut.

Ternyata ada cerita tersendiri kenapa seragam polisi India berwarna khaki karena pada awalnya seragam polisi negara itu adalah berwarna putih. Itu pada saat Inggris menjajah negara tersebut.

Warna putih dipilih karena warna bangsawan, image yang lekat dengan orang Inggris. Namun itu adalah sebuah kesalahan karena warna putih gampang sekali kotor saat menjalankan tugas untuk jangka waktu yang lama.

100 tahun sebelum kemerdekaan negara itu, Sir Henry Lawrence, agen Gubernur Northwest Frontier, membentuk 'Corps of Guide Force' atau Korps Pasukan Pemandu di Lahore pada bulan Desember 1846. Pasukan ini adalah resimen Angkatan Darat India Britania yang dibentuk untuk bertugas di perbatasan barat laut. Warna seragam pasukan adalah warna putih.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)