PBB: Taliban Bunuh 100 Eks Pejabat Pemerintah Afghanistan dan Lainnya

Senin, 31 Januari 2022 - 13:45 WIB
loading...
A A A
Afghanistan berada dalam cengkeraman bencana kemanusiaan, diperparah oleh pengambilalihan Taliban yang mendorong negara-negara Barat untuk membekukan bantuan internasional dan akses ke aset bernilai miliaran dolar yang disimpan di luar negeri.

Negara ini hampir seluruhnya bergantung pada bantuan asing di bawah pemerintah yang didukung AS sebelumnya, tetapi pekerjaan telah mengering dan sebagian besar pegawai negeri belum dibayar selama berbulan-bulan.

Belum ada negara yang mengakui pemerintah Taliban, dengan sebagian besar menonton untuk melihat bagaimana kelompok Islam garis keras–yang terkenal karena pelanggaran HAM selama masa kekuasaan pertama mereka–membatasi kebebasan.

Dengan semakin dalamnya kemiskinan dan kekeringan yang menghancurkan pertanian di banyak daerah, PBB telah memperingatkan bahwa setengah dari 38 juta penduduk menghadapi kekurangan pangan.

Dewan Keamanan PBB bulan lalu dengan suara bulat mengadopsi resolusi AS untuk mengizinkan beberapa bantuan mencapai warga Afghanistan yang putus asa tanpa melanggar sanksi internasional.

Tetapi ada seruan yang berkembang dari kelompok HAM dan organisasi bantuan bagi Barat untuk mengeluarkan lebih banyak dana–terutama di tengah musim dingin yang keras.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0931 seconds (0.1#10.140)