Eskalasi Krisis Ukraina Meningkat, Hongaria Malah Tolak Pasukan NATO

Minggu, 30 Januari 2022 - 13:42 WIB
loading...
Eskalasi Krisis Ukraina Meningkat, Hongaria Malah Tolak Pasukan NATO
Hongaria tolak pasukan bala bantuan NATO di tengah meningkatnya krisis Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
BUDAPEST - Hongaria tidak membutuhkan pasukan NATO untuk dikerahkan ke wilayahnya di tengah kebuntuan atas krisis di Ukraina . Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Hongaria Tibor Benko kepada stasiun radio lokal, InfoRadio, dalam sebuah wawancara Kamis lalu.

Benko mengkonfirmasi laporan bahwa Amerika Serikat (AS) dan NATO telah bernegosiasi dengan semua negara anggota yang berbatasan dengan Rusia , Ukraina, atau keduanya, tentang pengerahan pasukan tambahan dari blok tersebut. Bagaimanapun, Budapest percaya bahwa militernya sendiri mampu memberikan semua keamanan yang dibutuhkan, tanpa bantuan dari pasukan NATO.

“Hongaria telah menciptakan kekuatan nasional seperti itu, mengembangkan kemampuan nasional sedemikian rupa sehingga dalam situasi saat ini tidak perlu bergantung pada pasukan dan pasukan asing lainnya,” kata Benko.

"Dalam situasi saat ini, kami tidak menganggapnya tepat – kami juga tidak meminta – bala bantuan NATO untuk dikerahkan di sini. Kita bisa menangani ini," imbuhnya seperti dilansir dari Russia Today, Minggu (30/1/2022).

Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat mengatakan kepada wartawan bahwa Amerika akan meningkatkan kehadiran militernya di Eropa Timur, mengerahkan sejumlah kecil pasukan tambahan di kawasan itu dalam waktu dekat.



Langkah itu dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat di Ukraina, yang konon menjadi target invasi Rusia yang diduga membayangi, menurut media Barat dan pejabat tinggi. Moskow secara konsisten membantah klaim tersebut, bersikeras tidak ada niat untuk menyerang negara tetangganya itu.

Menteri Pertahanan Hongaria juga menegaskan kembali sikapnya negaranya yang menolak aspirasi Ukraina untuk bergabung dengan NATO. Sementara awalnya Budapest mendukung langkah tersebut, Benko kemudian menjelaskan, bagaimana sikap itu berubah ketika Kiev menunjukkan perilaku yang "tidak dapat diterima" bagi calon anggota aliansi.

“Ukraina bertindak melawan orang Hongaria yang tinggal di Transcarpathia, dan berperilaku tidak dapat diterima untuk aliansi. Setelah itu, pemerintah mempertahankan posisi bahwa Ukraina belum siap bergabung, karena tidak memenuhi standar NATO,” ujar Benko.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)