9 Negara yang Bisa Dukung Rusia jika Perang dengan NATO

Sabtu, 29 Januari 2022 - 09:43 WIB
loading...
A A A
Ketika hubungan antara Washington dan Teheran memanas setelah pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani, Moskow mengutuk serangan itu. Ketika Iran terus terhuyung-huyung di bawah sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh AS, itu dapat diharapkan untuk mendukung Rusia dengan sepenuh hati.

Yang paling penting, ekonomi terbesar yang terlihat di dunia dan "Naga Asia"–China adalah mitra utama Rusia. Moskow telah memperdalam kemitraannya dengan Beijing selama bertahun-tahun sementara ketegangan antara Barat dan China terus meningkat.

Padahal, baik Rusia maupun China memiliki kemitraan multi-dimensi dengan kerja sama mulai dari perdagangan hingga militer hingga luar angkasa. China dengan tegas meminta AS untuk mengesampingkan mentalitas Perang Dingin dan menganggap serius masalah keamanan Rusia. Jika terjadi konflik, China kemungkinan besar akan mendukung Rusia.

Dekat dengan China adalah negara lain yang terisolasi namun signifikan secara strategis, Republik Rakyat Demokratik Korea atau Korea Utara (Korut). Menjadi negara komunis, itu adalah sekutu utama Beijing dan mitra bekas Uni Soviet.

Korea Utara adalah negara yang tetap bermusuhan dengan Amerika Serikat dan sekutunya. Faktanya, China dan Rusia baru-baru ini memblokir upaya AS untuk menjatuhkan sanksi terhadap Korea Utara di PBB menyusul serentetan peluncuran rudal di semenanjung itu.
Tidak ada keraguan bahwa Korea Utara akan dengan sepenuh hati mendukung Rusia jika perang skala penuh akan terjadi.

Sedangkan India, salah satu negara yang paling penting secara geopolitik di Asia dan biasanya dikenal karena netralitasnya serta menjadi negara nonblok meskipun memiliki hubungan yang kuat dengan Rusia dan Barat.

Bahkan selama Perang Dingin, ia telah memimpin panji Gerakan Non-Blok dari paling depan. Tidak mudah bagi India untuk memutuskan pihak mana yang akan dibela mengingat memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Rusia dan Amerika Serikat.

Kemitraan India-Rusia ditandai dengan kerja sama pertahanan, sedangkan kedekatannya dengan AS didorong oleh faktor China. Tetapi New Delhi telah mengambil pendekatan yang sangat bernuansa untuk menghindari permusuhan dari kedua negara. Oleh karena itu, sangat tidak mungkin India akan mendukung konflik apa pun melawan Rusia, terlepas dari tekanan Barat.

Naik menuju bendua Amerika, ada Kuba, salah satu mitra tertua Rusia. Kerja sama erat negara komunis Kuba dengan bekas Uni Soviet sangat terkenal.

Presiden Vladimir Putin dan Presiden Kuba Miguel Dáz-Canel baru-baru ini membahas “kerja sama strategis” dan berjanji untuk “memperkuat hubungan bilateral”. Hal ini memicu spekulasi bahwa Kuba akan memihak Rusia jika terjadi konflik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)