Ribuan Wanita Diizinkan Hadir di Stadion, Dukung Timnas Iran vs Irak

Jum'at, 28 Januari 2022 - 09:01 WIB
loading...
Ribuan Wanita Diizinkan Hadir di Stadion, Dukung Timnas Iran vs Irak
Ribuan wanita diizinkan hadir di stadion, dukung Timnas Iran vs Irak. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Otoritas Iran mengeluarkan kebijakan yang jarang diterapkan. Ribuan wanita diizinkan hadir langsung di Stadioon Azadi, Teheran, Kamis (27/1/2022) untuk menyaksikan duel timnas Iran melawan Irak .

Baca: Parahnya Krisis di Iran, Wanita Jual Rambut untuk Memenuhi Kebutuhan

Sekitar 2.000 wanita hadir di stadion Azadi, bersama dengan penonton pria yang jumlahnya lima kali lebih banyak. Pertandingan itu sendiri adalah laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Bermain di kandang sendiri, timnas Iran menang tipis 1-0 lewat gol yang dilesakkan pemain bintan mereka, Mehdi Taremi.

“Meskipun ada keadaan khusus sebelum pertandingan, seperti yang Anda tahu, saya senang kami berhasil membuat orang senang dengan lolos ke Piala Dunia,” kata Taremi kepada televisi pemerintah setelah pertandingan, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Keadaan khusus yang dia maksud termasuk masalah abadi: mengizinkan penonton wanita masuk ke stadion, penjualan tiket yang tidak merata, dan kini penyebaran wabah COVID-19.

Baca: Polisi Iran Tangkap 17 Orang Terkait Konten Prank Horor di Sosmed



Stadion di Iran telah dilarang untuk penonton wanita sejak tak lama, setelah revolusi Islam 1979 di negara itu. Pasalnya, pejabat dan pemimpin Muslim mengklaim larangan itu untuk melindungi wanita dari kata-kata kotor pria.

Selama pertandingan Iran vs Irak, wanita duduk di bagian yang disiapkan untuk mereka, terpisah dari penonton pria. Mereka masuk dan keluar stadion melalui gerbang terpisah dan memiliki kru darurat khusus wanita yang disiapkan untuk menanggapi potensi insiden.

Selama berbulan-bulan, para pejabat telah membuat pernyataan kontradiktif tentang apakah sejumlah penonton yang divaksinasi akan diizinkan masuk ke stadion di tengah pandemi dan apakah ada wanita yang diizinkan untuk mendukung tim di stadion.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3194 seconds (11.252#12.26)