India Pamerkan Kekuatan Militer dalam Parade Hari Republik

Rabu, 26 Januari 2022 - 22:20 WIB
loading...
India Pamerkan Kekuatan Militer dalam Parade Hari Republik
India pamerkan kekuatan militer dalam parade Hari Republik. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - Tank-tank yang melaju dengan lamban dan deru pesawat tempur yang memekakkan telinga bergema di seluruh New Delhi, India , Rabu (26/1/2022), ketika militer India memamerkan kekuatannya pada Hari Republik.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, acara tahunan setiap 26 Januari itu digelar untuk menandai adopsi konstitusi India. Ikut dipamerkan dalam parade, peluncur rudal, flyover jet, aksi sepeda motor dan band kuningan dari Pasukan Keamanan Perbatasan yang menunggangi unta.



Batalyon militer dan polisi berbaris di sebuah boulevard, melewati Perdana Menteri Narendra Modi. Namun, parade kali ini tanpa kehadiran tamu kehormatan asing, karena India tengah memerangi kebangkitan infeksi COVID-19.

Jumlah penonton di sepanjang sela-sela prosesi yang biasanya ramai, kini dibatasi hanya 4.000 orang dan penonton terkemuka duduk berjauhan. Parade kali ini juga menampilkan kendaraan hias parade keliling yang menyoroti sejarah dan keragaman budaya negara tersebut bersama para penari tradisional.

Parade selama 90 menit diakhiri dengan flypast yang menampilkan 75 pesawat tempur Angkatan Udara India, termasuk jet Rafale, pesawat angkut, dan helikopter.



India sedang bersiap untuk memperingati 75 tahun sejak berakhirnya pemerintahan kolonial Inggris dan beberapa pertunjukan mendramatisir peristiwa dari perjuangan kemerdekaan bangsa yang panjang di paruh pertama abad ke-20.

Perdana Menteri Narendra Modi membuat sedikit kejutan karena hadir mengenakan topi yang dikonfirmasi oleh banyak ahli berasal dari Uttarkhand. Brahmakamal, bunga resmi Uttarakhand yang terikat pemungutan suara, tertulis di tutupnya, sebut laporan Hindustan Times.

Kepala Menteri Uttarakhand, Pushkar Singh Dhami berterima kasih kepada PM Modi karena telah mewakili warisan negara di depan dunia. "Hari ini, pada peringatan Hari Republik ke-73, Perdana Menteri Sri Narendra Modiji yang terhormat telah membuat budaya dan tradisi negara kita bangga dengan mengenakan topi Devbhoomi Uttarakhand, dihiasi dengan Brahma Kamal,” cuit Dhami.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)