Taiwan Laporkan Penampakan Pertama Jet Tempur Elektronik China

Rabu, 26 Januari 2022 - 02:59 WIB
loading...
Taiwan Laporkan Penampakan Pertama Jet Tempur Elektronik China
Taiwan melaporkan penampakan pertama jet tempur elektronik China, J-16D. Foto/Global Times
A A A
TAIPEI - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya telah mendeteksi dua jet tempur elektronik canggih China yang terbang di dekat pulau itu untuk pertama kalinya. Jet-jet tempur itu dapat mengganggu komunikasi musuh dan sistem radar, membutakan pertahanan udara terhadap serangan yang masuk.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan melacak 13 pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) yang terbang melalui Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) pada hari Senin. Delapan adalah jet tempur multirole J-16, satu adalah pesawat anti-kapal selam Y-8, dua adalah pesawat pengebom strategis H-6, dan dua jet tempur elektronik J-16D.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, pesawat-pesawat tempur China pada hari Senin terbang antara Taiwan dan Pratas, sebuah pulau di utara Laut China Selatan yang dikendalikan oleh pemerintah di Taiwan.

Baca juga: Serbuan China ke ADIZ Taiwan Gila-gilaan, Sehari 39 Pesawat

Menurut kantor berita pusat Taiwan, jet tempur elektronik J-16D belum pernah terlihat sebelumnya di dekat pulau otonom tersebut. Pesawat tempur ini adalah versi J-16 Shenyang yang baru memulai debutnya pada tahun 2015.

Jet ini membawa empat pod perangkat perang elektronik berbeda yang dirancang untuk menekan pertahanan udara musuh (SEAD) dan mengganggu sistem komunikasi di seluruh pita EM, dan juga dapat menembakkan rudal anti-radiasi, yang berada di lokasi radar musuh.



“(Pesawat) itu dapat memimpin dalam peperangan dengan penekanan elektromagnetik. Kemudian kelompok penyerang mengikuti jalannya untuk menyerang musuh,” Fu Qianshao, terang pensiunan ahli peralatan PLAAF di Beijing, mengatakan South China Morning Post tentang J-16D yang dinukil Sputnik, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Diserbu 39 Pesawat Militer China, Taiwan Aktifkan Sistem Rudal

Secara keseluruhan, J-16D secara luas setara dengan E-18 Growler Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), yang merupakan versi modifikasi dari jet tempur F/A-18E/F Hornet. Sedangkan Rusia tidak pernah mengembangkan peran SEAD terpisah untuk pesawat serangnya, alih-alih menggunakan “escort jammers” yang terbuat dari pengebom yang dimodifikasi yang bekerja sama dengan pengebom reguler atau pesawat serang yang dipersenjatai dengan rudal anti-radiasi.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2218 seconds (10.177#12.26)