Serbuan China ke ADIZ Taiwan Gila-gilaan, Sehari 39 Pesawat

Senin, 24 Januari 2022 - 06:52 WIB
loading...
Serbuan China ke ADIZ Taiwan Gila-gilaan, Sehari 39 Pesawat
Taipei melaporkan serbuan gila-gilaan China di ADIZ Taiwan yang melibatkan 39 pesawat militer pada Minggu (23/1/2022). Foto/REUTERS/Dado Ruvic/Ilustrasi
A A A
TAIPEI - Taiwan pada hari Minggu melaporkan serbuan gila-gilaan sejak Oktober oleh Angkatan Udara China di Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ)-nya. Serbuan besar-besaran ini melibatkan 39 pesawat, termasuk 34 jet tempur dan satu pengebom.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan jet-jet tempur telah dikerahkan untuk memperingatkan 39 pesawat Beijing.

Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya, telah mengeluh selama lebih dari satu tahun perihal misi Angkatan Udara China yang berulang kali.



Serbuan puluhan pesawat Beijing itu seringkali terjadi di bagian barat daya zona identifikasi pertahanan udara atau ADIZ, dekat dengan Kepulauan Pratas yang dikuasai Taiwan.

Taiwan menyebut aktivitas militer China yang berulang di dekatnya sebagai "zona abu-abu", yang dirancang untuk melemahkan kekuatan dan juga untuk menguji respons Taipei.

"Misi China terbaru termasuk 34 pesawat tempur ditambah empat pesawat perang elektronik dan satu pengebom," kata Kementerian Pertahanan Taiwan, seperti dikutip Reuters, Senin (24/1/2022).

Menurut kementerian itu, pesawat-pesawat Beijing terbang di daerah di timur laut Pratas.

"Taiwan mengirim pesawat-pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka," ujarnya.

Tidak ada komentar langsung dari China, yang di masa lalu mengatakan langkah-langkah seperti itu adalah latihan yang bertujuan untuk melindungi kedaulatan negara.

China telah meningkatkan tekanan pada Taiwan untuk menerima klaim kedaulatannya. Pemerintah Taipei mengatakan pihaknya menginginkan perdamaian tetapi akan membela diri jika diserang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)