PM Inggris: Invasi Rusia ke Ukraina Akan Jadi Malapetaka Berdarah

Selasa, 25 Januari 2022 - 09:10 WIB
loading...
PM Inggris: Invasi Rusia ke Ukraina Akan Jadi Malapetaka Berdarah
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan Rusia bahwa menginvasi Ukraina akan menjadi malapetaka yang berdarah. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson telah memperingatkan Rusia bahwa menginvasi Ukraina akan menjadi "malapetaka" dan "bisnis yang menyakitkan, penuh kekerasan dan berdarah".

Berbicara ketika Kantor Luar Negeri menarik beberapa staf kedutaan keluar dari Ukraina, PM Johnson mengatakan situasinya "cukup suram" tetapi perang tidak dapat dihindari.

Baca juga: Cemas Digempur Rusia, Barat Bersatu Pasang Badan untuk Ukraina

Dia mengatakan Inggris memimpin dalam menciptakan paket sanksi ekonomi terhadap Rusia dan memasok persenjataan pertahanan ke Ukraina.

NATO telah menempatkan pasukan dalam keadaan siaga.

Mengutip BBC, Selasa (25/1/2022), sekutu NATO telah mengirim kapal perang dan jet tempur tambahan ke Eropa timur untuk memperkuat pertahanan dan meningkatkan pencegahan, sebagai respons atas peningkatan pasukan Rusia yang terus berlanjut.



Rusia telah membantah memiliki rencana menginvasi Ukraina, tetapi diperkirakan 100.000 tentaranya telah berkumpul di perbatasan.

Kremlin menuduh NATO meningkatkan ketegangan dengan langkah itu. Rusia menganggap aliansi itu sebagai ancaman, dan menuntut jaminan hukum bahwa aliansi itu tidak akan berkembang lebih jauh ke timur, termasuk ke Ukraina.

Tetapi AS mengatakan bahwa masalah yang dipertaruhkan adalah agresi Rusia, bukan ekspansi NATO.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1747 seconds (10.177#12.26)