Taliban Ancam Tembak Wanita LSM Afghanistan jika Tak Pakai Burqa

Sabtu, 22 Januari 2022 - 17:48 WIB
loading...
Taliban Ancam Tembak Wanita LSM Afghanistan jika Tak Pakai Burqa
Polisi agama Taliban mengancam akan menembak para wanita LSM Afghanistan jika tidak mengenakan burqa. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Polisi agama Taliban telah mengancam akan menembak para wanita pekerja lembaga swadaya masyarakat (LSM) di provinsi barat laut Afghanistan jika mereka tidak mengenakan burqa.

Ancaman itu diungkap dua anggota staf LSM kepada AFP.



Hak-hak warga Afghanistan–khususnya perempuan dan anak perempuan–semakin dibatasi sejak Taliban kembali berkuasa pada Agustus setelah menggulingkan pemerintah yang didukung Amerika Serikat (AS).

Perempuan terjepit dari kehidupan publik dan sebagian besar dilarang dari pekerjaan pemerintah, sementara sebagian besar sekolah menengah untuk anak perempuan ditutup.

Dua pekerja LSM internasional di pedesaan provinsi Badghis mengatakan kepada AFP bahwa cabang lokal dari Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan bertemu dengan kelompok-kelompok bantuan pada hari Minggu.

"Mereka memberi tahu kami...jika staf wanita datang ke kantor tanpa mengenakan burqa, mereka akan menembaknya," kata seorang staf yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan.

Menurutnya, perempuan juga harus didampingi untuk bekerja oleh wali laki-laki.

Sumber LSM kedua mengkonfirmasi ancaman penembakan tersebut.

"Mereka juga mengatakan mereka akan datang ke setiap kantor tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk memeriksa apakah peraturan telah diikuti," katanya kepada AFP, Sabtu (22/1/2022).

Pemberitahuan kepada LSM yang dilihat AFP tidak menyebutkan ancaman penembakan, tetapi memerintahkan perempuan untuk menutupi diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)