Latihan Gabungan Iran, Rusia dan China di Samudra Hindia Dimulai

Jum'at, 21 Januari 2022 - 17:21 WIB
loading...
Latihan Gabungan Iran, Rusia dan China di Samudra Hindia Dimulai
Latihan gabungan Angkatan Laut Iran, Rusia, dan China di Samudra Hindia dimulai. Foto/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Angkatan Laut Iran , Rusia dan China telah memulai latihan gabungan di Samudra Hindia pada Jumat (21/1/2022). Media pemerintah Iran melaporkan latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan laut.

Stasiun televisi pemerintah Iran mengatakan 11 dari kapalnya bergabung dengan tiga kapal Rusia termasuk kapal perusak, dan dua kapal China. Garda Revolusi Iran juga akan berpartisipasi dengan kapal dan helikopter yang lebih kecil.

Laporan itu mengatakan manuver akan mencakup sekitar 17.000 kilometer persegi di utara Samudra Hindia, termasuk pertempuran malam, operasi penyelamatan dan latihan pemadam kebakaran.



Ini adalah latihan angkatan laut bersama ketiga di antara negara-negara itu sejak 2019. Latihan itu bertepatan dengan kunjungan Presiden Iran Ebrahim Raisi ke Rusia baru-baru ini yang berakhir pada hari Kamis kemarin.

“Meningkatkan hubungan bilateral antara Teheran dan Moskow akan meningkatkan keamanan kawasan dan arena internasional,” kata Raisi sekembalinya dari Rusia pada hari Jumat, kantor berita resmi IRNA melaporkan.

Teheran telah berusaha untuk meningkatkan kerja sama militer dengan Beijing dan Moskow di tengah ketegangan regional dengan Amerika Serikat (AS). Kunjungan ke Iran oleh perwakilan angkatan laut Rusia dan China juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Iran telah mengadakan latihan militer reguler dalam beberapa bulan terakhir, karena upaya untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015 dengan kekuatan dunia gagal.



Rusia juga berselisih dengan AS dan Barat terkait tetangganya Ukraina, di mana Moskow telah mengirim sekitar 100.000 tentara yang dikhawatirkan Washington, Kiev dan sekutu mereka akan digunakan untuk menyerang negara itu.

Rusia pada hari Kamis mengumumkan manuver angkatan laut menyapu di beberapa daerah yang melibatkan sebagian besar potensi angkatan laut - lebih dari 140 kapal perang dan lebih dari 60 pesawat - berlangsung hingga Februari.

Latihan akan dilakukan di Laut Hitam, Mediterania, Atlantik timur laut dan Samudra Pasifik, selain latihan bersama dengan Iran di Samudra Hindia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)