Rudal Rusia di Kuba dan Venezuela? Di Balik Retorika Keras Kremlin

Jum'at, 21 Januari 2022 - 14:08 WIB
loading...
A A A
Selanjutnya, pada 2013 Menteri Luar Negeri John Kerry mendeklarasikan berakhirnya Doktrin Monroe dalam pidatonya di Organisasi Negara-Negara Amerika (OAS).

Di bawah Doktrin Monroe, kebijakan AS yang diprakarsai Presiden James Monroe pada 1823, Washington menganggap Belahan Barat sebagai halaman belakangnya sendiri.

"Ketika Washington mengatakan 'lingkup pengaruh' adalah sesuatu dari masa lalu, Washington berarti bahwa tidak seorang pun kecuali Washington yang memiliki lingkungan pengaruh," ujar Dr Roberts. "Dengan kata lain, ini adalah penegasan hegemoni AS."

Dia menyoroti bahwa seluruh masalah "dapat dihindari hanya dengan memberi Rusia jaminan keamanan."

Pada pertengahan Desember 2021, Moskow mengirim rancangan perjanjian keamanannya ke Washington. Proposal Rusia termasuk mengikat secara hukum jaminan non-ekspansi NATO ke arah timur, tidak masuknya Ukraina ke blok militer Barat dan penarikan pasukan blok dari negara-negara anggota yang telah bergabung sejak 1997, di antara langkah-langkah lainnya.

Pengamat Amerika dan Eropa sebelumnya telah mencatat keanggotaan Ukraina di NATO adalah "besar jika" mengingat bahwa Jerman dan Prancis telah berulang kali menentangnya.

Sementara itu, pasukan NATO yang saat ini dikerahkan di republik-republik pasca-Soviet dan bekas negara-negara Warsawa berfungsi sebagai "pencegah" yang menjengkelkan daripada "pencegahan" yang sebenarnya bagi Rusia.

"Penolakan untuk memberikan jaminan menunjukkan tindakan permusuhan yang dimaksudkan terhadap Rusia oleh Washington," ungkap Dr Roberts. "Kenapa lagi menolak jaminan keamanan?"

Meskipun pembicaraan Rusia dengan AS, NATO dan OSCE belum membawa solusi langsung, konsultasi timbal balik akan terus berlanjut.

Menteri Luar Negeri AS Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dijadwalkan bertemu di Jenewa pada 21 Januari, menurut Departemen Luar Negeri AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)