Kekuatan Dunia Yakin Bisa Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir Iran

Jum'at, 21 Januari 2022 - 05:00 WIB
loading...
Kekuatan Dunia Yakin Bisa Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir Iran
Program nuklir iran. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan sekutu Eropa-nya bersikeras bahwa masih mungkin untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran . Namun, ia juga mengatakan kalau "waktu hampir habis".

Blinken mengatakan kepada wartawan bahwa para perunding yang bekerja di Wina untuk menyelamatkan perjanjian 2015 dengan Teheran telah melihat "kemajuan sederhana dalam beberapa minggu terakhir", tetapi tidak menerima begitu saja.



"Penilaian saya sendiri, berbicara dengan semua rekan kami, adalah bahwa kembali ke kepatuhan bersama, itu tetap mungkin," kata Blinken, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, Blinken juga mengatakan kalau "kemajuan mendesak" diperlukan dalam pembicaraan yang bertujuan menyelamatkan kesepakatan.

"Jendela untuk menemukan solusi sedang ditutup. Negosiasi berada dalam fase yang menentukan. Kami membutuhkan kemajuan yang mendesak dan mendesak. Jika tidak, kami tidak akan berhasil mencapai kesepakatan bersama," lanjut Blinken.



Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian, menyebut, untuk pembicaraan yang difokuskan terutama pada krisis Ukraina, memperingatkan bahwa "negosiasi tidak dapat berjalan begitu lambat" dengan Teheran.

Dia mengeluh bahwa kemajuan dalam pertemuan itu "sebagian, malu-malu dan lambat", menambahkan sangat penting untuk sekarang "mengambil langkah" atau risiko kegagalan.

Komentar mereka muncul sehari setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan "bukan waktunya untuk menyerah" pada pembicaraan dengan Iran, bersikeras "ada beberapa kemajuan yang dibuat".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)