Ebrahim Raisi: Iran dan Rusia Dapat Bersama-sama Melawan AS

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:00 WIB
loading...
Ebrahim Raisi: Iran dan Rusia Dapat Bersama-sama Melawan AS
Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi. Foto/Times of Israel
A A A
MOSKOW - Rusia dan Iran dapat menyatukan upaya mereka dalam melawan tekanan dari Amerika Serikat (AS). Hal itu diungkapkan Presiden Iran Ebrahim Raisi selama kunjungan dua harinya ke Rusia.

Bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskow pada hari Rabu, Raisi menekankan bahwa Teheran siap untuk hubungan "strategis" dengan Rusia yang tidak akan bergantung pada faktor jangka pendek.

“Di tengah kondisi luar biasa eksternal, ketika ada penentangan terhadap tindakan sepihak Barat, termasuk Amerika Serikat, kami dapat menciptakan sinergi dalam kerja sama kami,” kata Raisi kepada Putin seperti dilansir dari Sputnik, Kamis (20/1/2022).

Dia mencatat bahwa sanksi oleh Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya sia-sia dalam menghambat perkembangan Iran.

“Kami telah melawan Amerika Serikat selama lebih dari 40 tahun sekarang. Kami tidak akan pernah menghentikan perkembangan dan kemajuan Iran karena sanksi atau ancaman, meskipun kami sekarang berupaya agar sanksi dicabut,” ujar Raisi pada pertemuan itu.



Sementara itu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Moskow mengharapkan kunjungan Raisi menghasilkan "inventaris hubungan", mengingat perubahan kepemimpinan Iran.

Dukungan Rusia untuk Iran selama pembicaraan Wina, termasuk sikap keras Teheran tentang perlunya mencabut sanksi terhadap Republik Islam, telah memperkuat hubungan antara kedua negara. Sesaat sebelum kunjungan, media melaporkan bahwa kedua belah pihak merencanakan kerja sama militer-teknis lebih lanjut, termasuk kemungkinan kontrak USD10 miliar untuk pembelian peralatan militer Rusia.

Situasi di Iran telah memburuk sejak Donald Trump menjadi presiden AS pada 2017. Presiden AS ke-45 itu meninggalkan perjanjian nuklir 2015 yang diperoleh dengan susah payah, yang ditandatangani antara Teheran dan AS bersama Rusia, China, Inggris, Prancis dan Jerman.

Tidak hanya itu, Trump juga memberlakukan kembali sanksi keras terhadap Teheran di bawah apa yang disebutnya sebagai kampanye "tekanan maksimum".

Sanksi pertama pembatasan mempengaruhi sektor otomotif Iran, serta pasar emas dan logam lainnya. Yang kedua melarang Iran mengekspor bahan mentah hidrokarbon apa pun dan menghalangi transaksi yang terkait dengan Bank Sentral Iran.



Pada November 2018, Iran terputus dari sistem perbankan SWIFT. Sanksi lebih lanjut membatasi pasokan sejumlah logam, batu bara, dan peralatan industri ke Teheran.

Menteri Luar Negeri AS saat itu, Mike Pompeo, secara terbuka mengancam bahwa Iran harus tunduk pada tekanan atau dapat menyaksikan ekonominya runtuh.

Sementara itu, Iran memiliki cadangan minyak terbesar ketiga setelah Arab Saudi dan Venezuela serta pendapatan dari ekspornya adalah sumber utama pendapatan mata uang asing Iran. Menurut perkiraan IMF, cadangan devisa negara itu pada 2019 turun menjadi USD86 miliar, turun 20 persen dari level 2013.

Pembatasan ini dan lainnya telah menyebabkan tingkat inflasi yang belum pernah terjadi sebelumnya hingga 35 persen, dengan harga beberapa makanan naik lebih dari 100 persen.

Terlebih lagi, sanksi sebagian besar memengaruhi rakyat Iran selama pandemi COVID-19, karena banyak perusahaan yang memasok obat-obatan dan peralatan medis yang diperlukan untuk memerangi virus Corona telah menghentikan pengiriman ke Iran.



Bagaimanapun Pemerintah Iran telah memfokuskan upayanya pada pengembangan lebih lanjut, melanjutkan, antara lain, alokasi sejumlah besar uang untuk penelitian ilmiah.

Menurut Raisi, ekspor minyak Iran telah meningkat 40 persen dan pendapatan minyak kembali ke negara itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)