HRW Peringatkan Atlet Tak Bicara Soal HAM di Olimpiade Musim Dingin Beijing

Rabu, 19 Januari 2022 - 21:35 WIB
loading...
HRW Peringatkan Atlet Tak Bicara Soal HAM di Olimpiade Musim Dingin Beijing
HRW peringatkan atlet tak bicara soal HAM di Olimpiade Musim Dingin Beijing. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Para atlet yang akan melakukan perjalanan ke Olimpiade Musim Dingin Beijing bulan depan diperingatkan soal berbicara tentang hak asasi manusia di China . Hal itu perlu dilakukan demi keselamatan mereka sendiri.

Atlet Olimpiade juga telah diperingatkan bahwa mereka mungkin menghadapi tuntutan karena berbicara tentang masalah hak asasi manusia saat bertanding di China.



"Benar-benar tidak banyak perlindungan yang kami yakini akan diberikan kepada atlet," ujar Rob Koehler, Direktur Jendral Kelompok Atlet Global. "Diam adalah keterlibatan dan itulah mengapa kami memiliki kekhawatiran,” kata Koehler dalam seminar yang digagas oleh kelompok HAM internasional, Human Rights Watch (HRW).

"Jadi, kami menyarankan para atlet untuk tidak angkat bicara. Kami ingin mereka bersaing dan menggunakan suara mereka ketika mereka pulang," lanjut Koehler, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (19/1/2022).

Aturan 50 Piagam Olimpiade menyatakan bahwa "tidak ada jenis demonstrasi atau propaganda politik, agama atau rasial yang diizinkan di lokasi, venue, atau area Olimpiade mana pun."



"Hukum China sangat kabur tentang kejahatan yang dapat digunakan untuk menuntut kebebasan berbicara orang," kata peneliti HAM, Yaqiu Wang. "Orang-orang dapat didakwa karena memicu pertengkaran atau memprovokasi masalah,” lanjutnya.

Para atlet pun sudah memiliki kekhawatiran sebelum mereka tampil di Olimpiade Beijing. Noah Hoffman, pemain ski lintas alam yang mewakili AS di Olimpiade Musim Dingin 2014 dan 2018, mengatakan, Tim Amerika sedang terlindung dari pertanyaan tentang HAM.



"Saya merasa takut rekan tim saya pergi ke China," kata Hoffman. "Saya tahu rekan tim saya dilindungi tentang pertanyaan tentang masalah ini untuk keselamatan mereka sendiri. Kita seharusnya tidak pernah harus melindungi atlet dari berbicara tentang masalah yang mereka pikir benar-benar penting,” jelasnya.

“Harapan saya kepada para atlet di sana agar tetap diam karena tidak hanya akan dituntut oleh otoritas China, tetapi mereka juga dapat dihukum oleh IOC," tambah Hoffman.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)