Rusia Akan Kirim 2 Batalion S-400 dan 12 Sukhoi-35 ke Latgab di Belarusia

Rabu, 19 Januari 2022 - 17:37 WIB
loading...
Rusia Akan Kirim 2 Batalion S-400 dan 12 Sukhoi-35 ke Latgab di Belarusia
Rusia Akan Kirim 2 Batalion S-400 dan 12 Sukhoi-35 ke Latgab di Belarusia. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Dua batalion sistem pertahanan udara S-400 dan 12 jet tempur Sukhoi-35 akan dikirim ke Belarusia dari Rusia untuk berpartisipasi dalam latihan perang gabungan Union Resolve 2022 pada 10-20 Februari.

“Dalam rangka pengujian fungsi sistem pertahanan udara tunggal negara kesatuan, 12 pesawat Sukhoi-35 dan dua batalyon sistem pertahanan udara S-400, serta batalyon rudal dan artileri Pantsir-S akan dikerahkan kembali ke Belarusia," kata Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander kata Fomin, Selasa (18/1/2022), seperti dikutip dari TASS.

Baca: Kapal Perang Denmark Gabung NATO di Laut Baltik, Tensi Rusia-Barat Naik

Fomin menekankan bahwa pemindahan perangkat keras akan dilakukan dalam dua tahap. Fase pertama akan berlangsung hingga 9 Februari. Kelompok-kelompok militer akan dikerahkan kembali untuk melindungi rute-rute yang paling terancam dan fasilitas-fasilitas penting pemerintah dan militer, serta perbatasan udara Negara Persatuan.

“Kesiapan dan kemampuan akan diperiksa pasukan pertahanan udara yang bertugas, termasuk pusat pertahanan udara tempur komando bersama, untuk memberikan perlindungan bagi fasilitas utama di wilayah Belarus,” lanjutnya.

Bersamaan dengan itu, jelas Formin, selama fase ini unit militer yang didelegasikan oleh Daerah Militer Timur Rusia dan pasukan Belarusia yang terlibat akan melakukan latihan menembak dan latihan lainnya. “Latihan taktis akan diadakan di berbagai tempat pembuktian untuk berlatih operasi pertahanan dan perjuangan melawan kelompok bersenjata ilegal,” kata Fomin.

Baca: Kirim Senjata Anti Tank ke Ukraina, Inggris: Bukan Ancaman Bagi Rusia

Sementara itu, pihak Belasuria juga sudah mengkonfirmasi akan berlangsungnya latgab ini. “Inspeksi akan berjalan dalam dua tahap. Pada tahap pertama sebelum 9 Februari militer Belarusia dan Rusia akan berlatih penempatan kembali pasukan dan membentuk gugus tugas dalam waktu singkat ke arah yang berbahaya,” sebut pernyataan kata kantor pers Kementerian Pertahanan Belarusia.

“Pada tahap kedua inspeksi yang akan berjalan pada 10-20 Februari, latihan bersama Union Resolve 2022 akan diadakan," lanjut pernyataan tersebut.



Masih menurut pernyataan itu, militer Belarusia dan Rusia juga akan memeriksa kesiapan pasukan dan kemampuan siaga tempur pertahanan udara, termasuk pusat pelatihan tempur pertahanan udara bersama, untuk menyelesaikan tugas-tugas pelatihan tempur.

Pasukan akan berlatih operasi gabungan mereka di tempat pelatihan Obuz-Lesnovsky, Osipovichsky, Brestsky, Gozhsky dan Domanovsky dan juga di beberapa bagian medan. Ada pula rencana untuk melibatkan lapangan terbang Baranovichi, Luninets, Lida dan Machulishchi.
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1656 seconds (10.101#12.26)