Kirim Senjata Anti Tank ke Ukraina, Inggris: Bukan Ancaman Bagi Rusia

Selasa, 18 Januari 2022 - 17:38 WIB
loading...
Kirim Senjata Anti Tank ke Ukraina, Inggris: Bukan Ancaman Bagi Rusia
Inggris mengirimkan senjata anti tank ke Ukraina di tengah ketegangan dengan Rusia. Foto/SCMP
A A A
LONDON - Menteri Pertahanan Inggris , Ben Wallace mengatakan, negara itu telah mulai mengirim senjata ringan ke Ukraina . Ia mengklaim senjata itu tidak menimbulkan ancaman bagi Rusia setelah berulang kali melempar tuduhan bahwa Moskow berencana untuk menyerang tetangganya.

“Kami telah mengambil keputusan untuk memasok Ukraina dengan sistem senjata pertahanan anti-lapis baja ringan,” kata Wallace kepada anggota parlemen Inggris awal pekan ini seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (18/1/2022).

Ia menambahkan pengiriman awal telah tiba di negara itu beberapa jam sebelumnya.



Sementara Wallace tidak memberikan rincian tentang jumlah atau jenis senjata yang dikirim, dia mengatakan itu bukan senjata strategis dan tidak menimbulkan ancaman bagi Rusia, dan hanya akan digunakan oleh pasukan Ukraina untuk membela diri. Sejumlah kecil pasukan Inggris juga akan melatih tentara lokal tentang cara menggunakan perlengkapan baru.

"Ini adalah jarak pendek tapi bagaimanapun itu akan membuat orang berhenti sejenak dan berpikir apa yang mereka lakukan dan jika tank meluncur ke Ukraina, menyerangnya, maka mereka akan menjadi bagian dari mekanisme pertahanan,” lanjut Wallace.

Pemerintah Inggris dan Amerika Serikat (AS) terus memprediksi invasi Ukraina oleh Rusia, meskipun Moskow bersikeras bahwa Rusia tidak memiliki rencana untuk melakukan serangan bersenjata.



Meskipun demikian, selama akhir pekan, Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengklaim Moskow akan membuat dalih untuk menyerang, mengancam akan memberikan respons kuat yang akan menargetkan Rusia secara ekonomi. Proposal untuk memutuskan Moskow dari jaringan perbankan internasional SWIFT juga dilaporkan masih di atas meja.

Peringatan Sullivan, serta sumpah London untuk mempersenjatai militer Ukraina, datang beberapa hari setelah beberapa pejabat AS dan mantan pejabat mengatakan kepada Yahoo News bahwa badan intelijen sekarang "melatih pemberontakan" di Ukraina jika terjadi invasi Rusia, dengan satu mantan staf CIA mengatakan program itu menginstruksikan pasukan tentang cara membunuh orang Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)