Rusia Sebut NATO Bangun Pasukan di Dekat Belarusia

Rabu, 19 Januari 2022 - 13:31 WIB
loading...
A A A
Dia mencatat negara-negara Barat sering menafsirkan latihan bersama antara Moskow dan Minsk sebagai ancaman bagi diri mereka sendiri.

“Militer Rusia dan Belarusia dengan jelas dan koheren mendemonstrasikan pelatihan mereka, melakukan latihan mereka dengan sempurna, dan kemudian kembali ke penempatan permanen mereka,” papar duta besar itu.

Pernyataan Gryzlov datang di tengah meningkatnya ketegangan antara NATO dan Rusia.

Pekan lalu, perwakilan NATO dan diplomat Rusia bertemu untuk membahas jaminan yang diusulkan Rusia untuk menjaga keamanan di benua Eropa.

Pertemuan itu setelah pembicaraan antara pejabat dari Washington dan Moskow.

Bulan lalu, Rusia menyerahkan dua rancangan perjanjian, satu ke Washington dan yang lainnya ke NATO.

Rancangan perjanjian itu mencakup permintaan jaminan dari NATO mengenai pergerakan personel militer dan perangkat keras, serta seruan agar organisasi tersebut menahan diri dari perluasan lebih lanjut di dekat perbatasan Rusia.

Pada akhir November, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan Rusia harus mengerahkan hulu ledak nuklir di wilayah negaranya jika senjata nuklir NATO maju ke timur melalui Eropa.

Hubungan antara Minsk dan Barat telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir.

Uni Eropa menuduh Belarusia membiarkan penerbangan dari negara-negara bermasalah untuk mengobarkan "perang hibrida" melawan Brussels. Tuduhan itu dibantah Belarusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)