Letusan Gunung Berapi Tonga: Tsunami 15 Meter, Seluruh Rumah Satu Pulau Hancur

Rabu, 19 Januari 2022 - 00:48 WIB
loading...
A A A
Atata dan Mango berada antara sekitar 50 dan 70 km dari gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, yang mengirimkan gelombang tsunami melintasi Samudra Pasifik ketika meletus dengan ledakan yang terdengar sejauh 2.300 km (1.430 mil) di Selandia Baru.

Gambar satelit dari hari Minggu menunjukkan kaldera Hunga Tonga-Hunga Haapai telah runtuh dan pulau itu telah kehilangan sebagian besar luas permukaan awalnya. Demikian pengumuman Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Operasi pencarian dan penyelamatan dimulai pada hari Minggu untuk pulau Atata, yang berpenduduk sekitar 100 orang, dengan evakuasi sedang berlangsung.

“Tantangan transportasi laut dan udara tetap ada karena kerusakan yang diakibatkan oleh dermaga dan abu yang menutupi landasan pacu,” imbuh Kantor Perdana Menteri.

Lapisan abu tebal menyelimuti pulau-pulau itu, menurut gambar udara yang diberikan kepada Tonga oleh Selandia Baru dan Australia.

Selain kerusakan lokal, para ilmuwan mengatakan letusan itu bisa berdampak jangka panjang pada terumbu karang, garis pantai dan perikanan di wilayah yang lebih luas, serta menyebabkan hujan asam.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Peru Ruben Ramirez mengatakan setidaknya 2 km dari pantai Peru dan dua pantai dikotori oleh tumpahan minyak dari kapal yang diguncang oleh gelombang yang disebabkan oleh letusan gunung berapi di Tonga.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)