Di Tengah Situasi Panas, Jerman Ingin Normalkan Hubungan dengan Rusia

Selasa, 18 Januari 2022 - 10:34 WIB
loading...
A A A
Pada Senin (17/1/2022), Baerbock mengindikasikan bahwa dia akan tiba di Moskow dengan "daftar panjang" masalah untuk didiskusikan.

Dia mengatakan bahwa dia akan memperjelas posisi Jerman. Dia menyebut sains, budaya, perdagangan, energi terbarukan, dan isu-isu iklim sebagai subjek yang memungkinkan untuk kerja sama dengan Rusia.

“Kerja sama antara komunitas sipil sangat penting bagi kita. Saya juga ingin berbicara dengan rekan Rusia saya tentang peluang ini dan bagaimana kita dapat menciptakan kondisi untuk menggunakannya secara lebih efektif,” papar dia.

Dia juga akan mendengarkan dengan penuh perhatian lawan bicaranya di Rusia dan Ukraina.

Komentar Baerbock muncul setelah serangkaian pembicaraan yang diadakan pekan lalu antara diplomat dari Rusia, Amerika Serikat (AS), dan NATO tentang masalah keamanan di Eropa.

Moskow telah meminta jaminan tertulis bahwa blok NATO pimpinan AS tidak akan memperluas ke Ukraina. Para pemimpin Barat mengatakan tuntutan Rusia itu tidak mungkin dipenuhi.

Sementara itu, dinas intelijen Amerika Serikat telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa mereka takut akan invasi Rusia ke Ukraina, yang oleh Kremlin dianggap sebagai informasi yang salah.

Pada Kamis, Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengumumkan dia mengharapkan kekuatan Barat membuat jawaban tertulis atas proposal keamanan Moskow dalam waktu sepekan.

Dalam wawancara televisi eksklusif dengan RT pada Desember, Lavrov mengatakan Rusia sangat ingin berdiplomasi dengan Jerman, tetapi beberapa faksi di Berlin lebih tertarik memberi kuliah di Moskow daripada menemukan titik temu.

“Pendekatan yang mereka miliki bahwa satu sisi melakukan segalanya dengan sempurna, dan sisi lain harus mengubah perilakunya sama sekali, yah, Anda mengerti bahwa itu tidak bisa terjadi,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)