Tantang Ancaman AS Soal Ukraina, Rusia Punya Skenario Khusus

Senin, 17 Januari 2022 - 22:01 WIB
loading...
Tantang Ancaman AS Soal Ukraina, Rusia Punya Skenario Khusus
Mobil-mobil melintasi gedung dan menara Kremlin di Moskow, Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Victoria Nuland mengumumkan AS telah menyiapkan 18 skenario untuk menanggapi ancaman “agresi” Rusia atas Ukraina.

Nuland mengatakan, “Percakapan antara AS dan sekutunya adalah tentang menimbulkan rasa sakit yang sangat tajam dengan sangat cepat jika Rusia membuat langkah dalam bentuk apapun."

Rusia sedang mempertimbangkan berbagai skenarionya sendiri jika terjadi eskalasi lanjutan atas Ukraina.



Meski demikian, Kremlin mengakui punya lebih sedikit skenario daripada Wakil Menteri Luar Negeri Nuland, menurut juru bicara Kremlin Dmitri Peskov.



“Tentu saja, dalam konteks situasi saat ini, Rusia sedang memikirkan bagaimana memastikan keamanannya sendiri. Kami tahu bahwa Nuland memiliki 18 skenario,” ujar Peskov.



Peskov menjelaskan, “Kami sedang mempertimbangkan skenario yang berbeda; kami percaya bahwa seharusnya ada jauh lebih sedikit dari mereka karena rumusan pertanyaannya sangat tepat bagi kami, tidak perlu dibuat rumit, karena tidak begitu rumit. Pertanyaannya sangat langsung dan sangat spesifik."

"Kami berharap, seperti yang telah dikatakan oleh lawan bicara Amerika kami, bahwa sesuatu dapat dirumuskan secara tertulis pekan ini oleh pihak AS," ujar Peskov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)