Bikin Marah China, Kapal Selam Rudal Nuklir AS Singgah Dekat Taiwan

Senin, 17 Januari 2022 - 14:28 WIB
loading...
Bikin Marah China, Kapal Selam Rudal Nuklir AS Singgah Dekat Taiwan
Kapal selam USS Nevada membawa puluhan hulu ledak nuklir. Foto/US Navy
A A A
TAIPEI - Satu kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) yang membawa lusinan hulu ledak nuklir berlayar ke pangkalan Pasifik untuk kunjungan langka pada Sabtu (15/1/2022).

Dalam laporan RT.com yang dirilis Senin (17/1/2022), Angkatan Laut AS menyebut langkah itu sebagai pesan kepada sekutunya di wilayah tersebut.

Kapal selam tenaga nuklir yang bertugas sejak 1986, USS Nevada, membawa hingga 20 Trident II D-5 dan “puluhan hulu ledak nuklir,” menurut laporan terbaru.



“Kapal selam itu mengunjungi Pangkalan Angkatan Laut AS Guam pada 15 Januari, yang merupakan kunjungan pertama kapal selam jenis ini sejak 2016,” papar laporan CNN.



Dalam pernyataan, Angkatan Laut AS mengatakan, “Kunjungan itu memperkuat kerja sama antara Amerika Serikat dan sekutu di kawasan dan menunjukkan kemampuan, fleksibilitas, kesiapan, dan komitmen berkelanjutan AS terhadap keamanan dan stabilitas regional Indo-Pasifik.”

Kunjungan itu terjadi ketika Washington dan Beijing semakin berselisih, terutama mengenai masalah Taiwan.

Selama ini AS mendukung Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Pada Desember, AS dan Jepang menyusun rencana militer darurat sebagai persiapan potensi konflik antara China dan Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)