Alasan Arab Saudi Sering Memenjarakan Anggota Keluarga Kerajaan Sendiri

Senin, 17 Januari 2022 - 18:09 WIB
loading...
A A A
Sebut saja Puteri Mishaal binti Fahd, yang menerima hukuman pancung karena dituduh berzina dengan pacarnya saat menempuh pendidikan di Lebanon.

Ada juga Pangeran Turki bin Saud yang dihukum mati karena telah membunuh seorang warga sipil lewat perkelahian.

Karena keluarga korban tidak mau menerima diyat atau uang darah dari pihak keluarga pelaku, Pangeran Turki bin Saud pun harus menerima hukuman pancung yang dijatuhkan kepadanya.

Selain itu, kabar penahanan tiga orang pangeran senior Kerajaan Arab Saudi oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman juga menimbulkan banyak spekulasi mengenai alasan di balik tindakan ini.

Sang putra mahkota memang telah lama disebut-sebut sebagai seseorang yang akrab dengan kontroversi.

Sejak naiknya Mohammed bin Salman sebagai putra mahkota pada 2015, ia telah memperlihatkan ambisi besarnya untuk dapat mempertahankan tempat di kursi takhta dengan membungkam pesaing dan lawan politiknya.

Kejadian ditangkapnya tiga pangeran anggota keluarga kerajaan senior tersebut diyakini merupakan salah satu di antara langkah mewujudkan ambisinya.

Seperti diketahui, adik laki-laki Raja Salman, Pangeran Ahmed bin Abdulaziz; mantan putra mahkota Pangeran Mohammed bin Nayef; serta sepupu keluarga kerajaan, Pangeran Nawaf bin Nayef ditangkap bersama sejumlah menteri dan pebisnis di Hotel Ritz-Carlton, Riyadh, beberapa waktu lalu.

Alasan penangkapan ini tidak diketahui, meskipun media memberitakan adanya dugaan pengkhianatan yang dilakukan ketiga pangeran tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)