Perempuan Ini Disebut-sebut Agen China yang Gentayangan di Parlemen Inggris

Jum'at, 14 Januari 2022 - 10:10 WIB
loading...
A A A
MI5 juga meminta para anggota parlemen untuk menghubungi Direktur Keamanan Parlemen jika mereka menerima kontak yang berkaitan atau mencurigakan.

Sebelumnya seorang anggota parlemen senior Inggris dan mantan pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa, Ian Duncan Smith, membunyikan alarm di Parlemen. Ia mengatakan bahwa MI5 telah memperingatkan Ketua DPR Inggris Lindsay Hoyle bahwa seorang agen pemerintah China telah secara aktif bekerja untuk menurunkan proses di parlemen.

"Ini adalah masalah yang sangat memprihatinkan," kata Duncan Smith.



Duncan Smith meminta agar, sehubungan dengan insiden tersebut, parlemen mempertimbangkan untuk meningkatkan keamanan dan mendeportasi agen China tersebut.

Duncan Smith mengatakan dia mendengar orang itu tidak akan dideportasi dan mempertanyakan mengapa tindakan lebih lanjut tidak akan diambil terhadap agen kekuatan despotik asing dan tercela.

Duncan Smith adalah seorang kritikus vokal terhadap pemerintah Cina. Dia dikenai sanksi oleh Beijing tahun lalu karena komentarnya tentang perlakuan terhadap Muslim Uighur di Xinjiang dan dilarang memasuki negara itu. Pengusaha dan warga China juga dilarang berbisnis dengannya.

"Ini jelas tidak cukup baik," kata Duncan Smith.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)