WHO: Omicron Berbahaya, Terutama untuk yang Tidak Divaksinasi

Kamis, 13 Januari 2022 - 08:35 WIB
loading...
WHO: Omicron Berbahaya, Terutama untuk yang Tidak Divaksinasi
Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto/REUTERS
A A A
JENEWA - Varian Omicron dari Covid-19 berbahaya dan terutama bagi mereka yang belum divaksinasi terhadap penyakit tersebut. Peringatan itu diungkapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (12/1/2022).

WHO mengatakan lonjakan global besar dalam kasus Covid didorong oleh Omicron. Meski demikian, WHO bersikeras publik tidak boleh khawatir pada varian itu.

“Walau Omicron menyebabkan penyakit yang lebih ringan daripada Delta, itu tetap menjadi virus berbahaya, terutama bagi mereka yang tidak divaksinasi,” ungkap Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers.



“Kita tidak boleh membiarkan virus ini naik bebas atau mengibarkan bendera putih, terutama ketika begitu banyak orang di seluruh dunia tetap tidak divaksinasi,” papar dia.



“Di Afrika, lebih dari 85% orang belum menerima satu dosis vaksin. Kita tidak dapat mengakhiri fase akut pandemi kecuali kita menutup celah ini,” ujar dia.



Tedros ingin setiap negara memiliki 10% populasinya divaksinasi pada akhir September 2021, 40% pada akhir Desember, dan 70% pada pertengahan 2022.

“Tapi 90 negara masih belum mencapai 40%, 36 negara di antaranya masih kurang dari 10%,” papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2500 seconds (0.1#10.140)