WHO: Varian Omicron Mungkin Tampak Kurang Parah, Tapi Tidak Ringan

Jum'at, 07 Januari 2022 - 05:30 WIB
loading...
WHO: Varian Omicron Mungkin Tampak Kurang Parah, Tapi Tidak Ringan
Ilustrasi. FOTO/Reuters
A A A
JENEWA - Dunia melaporkan penghitungan global kasus COVID-19 tertinggi minggu lalu, dan sementara varian omicron menyebar seperti tsunami mungkin tampak lebih ringan, itu membuat orang dirawat di rumah sakit dan membunuh orang, kata kepala Organisasi Kesehatan Dunia, Kamis.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Ghebreyesus mengatakan pada webinar pertama organisasi tahun 2022, bahwa "sementara omicron tampaknya tidak terlalu parah dibandingkan dengan delta, terutama pada mereka yang divaksinasi, itu tidak berarti itu harus dikategorikan sebagai 'ringan'.



"Sama seperti varian sebelumnya, omicron adalah rawat inap orang, dan itu membunuh orang," kata Tedros, seperti dikutip dari Reuters. Dia mengatakan, "tsunami kasus sangat besar dan cepat" dan itu membanjiri sistem kesehatan dunia.

Selama seminggu dari 27 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, menyusul peningkatan bertahap sejak Oktober, jumlah kasus baru global melonjak 71% dibandingkan minggu sebelumnya, sementara jumlah kematian baru turun 10% menurut WHO. Ini sesuai dengan hanya di bawah 9,5 juta kasus baru dan lebih dari 41.000 kematian baru yang dilaporkan selama minggu lalu.

Menurutnya, untuk mengakhiri tahap akut pandemi, negara-negara perlu berbagi alat ilmiah yang sangat efektif secara adil dan cepat dengan dunia. "Ketidaksetaraan vaksin dan ketidakadilan kesehatan secara keseluruhan adalah kegagalan terbesar tahun lalu," kata Tedros.



Ia mencatat bahwa pada lintasan saat ini, bahwa 109 negara akan kehilangan target WHO untuk memvaksinasi 70% populasi dunia pada pertengahan 2022. "Ketidaksetaraan vaksin adalah pembunuh orang dan pekerjaan, dan itu merusak pemulihan ekonomi global," ujarnya.

“Esensi dari perbedaan ini adalah bahwa beberapa negara bergerak menuju memvaksinasi warganya untuk keempat kalinya, sementara yang lain bahkan tidak memiliki cukup pasokan reguler untuk memvaksinasi petugas kesehatan mereka dan mereka yang paling berisiko,” tambah Tedros

.


Dia telah meminta semua orang untuk membuat resolusi Tahun Baru untuk mendukung kampanye untuk memvaksinasi 70% orang di seluruh dunia pada pertengahan tahun 2022.

Kepala WHO mengatakan, kasus yang dilaporkan di seluruh dunia minggu lalu adalah perkiraan yang terlalu rendah karena jumlahnya tidak mencerminkan pengujian yang tertunda dari sistem pengawasan yang terbebani, hari libur di banyak bagian dunia, dan tes mandiri positif yang tidak terdaftar.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)