Terima Surat Kepercayaan Dubes RI, Sekjen PBB Apresiasi Peran Aktif Indonesia

Rabu, 05 Januari 2022 - 14:19 WIB
loading...
Terima Surat Kepercayaan Dubes RI, Sekjen PBB Apresiasi Peran Aktif Indonesia
Sekjen PBB Antonio Guterres menerima surat kepercayaan Dubes RI Arrmanatha Nasir. Foto/Kemlu
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres menyampaikan penghargaan yang tinggi atas peran aktif dan kepemimpinan Indonesia selama ini dalam memperkuat multilateralisme.

Hal itu diungkapkannya saat menerima surat kepercayaan dari Duta Besar (Dubes) Indonesia Arrmanatha Nasir sebagai Wakil Tetap Republik Indonesia (Watapri) untuk PBB di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat (AS).

“Indonesia adalah mitra penting PBB dan PBB akan tingkatkan terus kerja sama dan memberikan perhatian kepada Indonesia,” sebut Guterres seperti dilansir dari situs Kementerian Luar Negeri, Rabu (5/1/2021).



Lebih lanjut Sekjen PBB menyampaikan harapannya agar Indonesia dapat berkontribusi lebih besar lagi dalam menghadapi berbagai tantangan global dan kawasan. Beberapa isu yang mendapat perhatian dalam pertemuan seperti perubahan iklim, pemulihan ekonomi pasca pandemi, dan situasi di kawasan.

Sekjen PBB mengharapkan sebagai Presiden G20, Indonesia dapat berkontribusi dalam upaya membangun sistem keuangan global yang lebih seimbang bagi negara berkembang. Selain itu Sekjen PBB juga menyampaikan penghargaan atas komitmen dan langkah Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim termasuk upaya untuk melakukan transisi energi.

Sementara itu dalam pertemuannya dengan Sekjen PBB, Dubes Indonesia Arrmanatha Nasir menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus tingkatkan kerja sama dengan PBB dalam berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama.



Arrmanatha juga menyampaikan bahwa salah satu prioritas Indonesia sebagai Presiden G20 adalah untuk memperkuat kepemimpinan kolektif global, melalui sinergi dengan negara, forum dan organisasi di luar G20, termasuk negara berkembang. Langkah ini diharapkan dapat berkontribusi untuk mendorong institusi keuangan internasional lebih mendengar kebutuhan negara berkembang dalam sistem keuangan global.

Pria yang akrab dipanggil Tata itu juga menekankan komitmen tinggi Indonesia dalam melakukan transisi energi, dan berbagai langkah dalam mengatasi perubahan iklim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)