Pernah Seteru soal Khashoggi, Erdogan Hendak Kunjungi Arab Saudi

Rabu, 05 Januari 2022 - 04:24 WIB
loading...
Pernah Seteru soal Khashoggi, Erdogan Hendak Kunjungi Arab Saudi
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Arab Saudi bulan depan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia akan melakukan kunjungan ke Arab Saudi bulan depan. Hubungan kedua negara pernah memburuk ketika pemimpin Turki itu terus mengusik kasus pembunuhan jurnalis pengkritik kerajaan, Jamal Khashoggi, tahun 2018 lalu.

Jika kunjungan Erdogan terealisasi, itu akan menjadi lawatan pertamanya sejak pembunuhan jurnalis tersebut.

Khashoggi dibunuh dan dimutilasi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018. Para pelakunya adalah para "agen nakal" kerajaan.



“Mereka mengharapkan saya pada bulan Februari. Saya akan berkunjung ke Arab Saudi pada Februari,” kata Erdogan dalam sebuah video yang di-posting di media sosial, hari Senin, seperti dikutip Al Jazeera, Selasa (4/1/2022).

Komentar pemimpin Turki itu muncul sebagai tanggapan atas pertanyaan tentang masalah eksportir Turki dan Arab Saudi di sela-sela acara perdagangan di Istanbul.

Khashoggi (59) adalah seorang jurnalis pembangkang Arab Saudi yang menulis kolom untuk The Washington Post dan pergi ke konsulat untuk mendapatkan dokumen pernikahannya dengan tunangannya asal Turki; Hatice Cengiz.

Pembunuhannya telah mencoreng reputasi Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman meskipun dia menyangkal keras tuduhan keterlibatannya dalam kasus itu.

Jenazah Khashoggi tidak pernah ditemukan, dan Erdogan pada saat itu menyalahkan pejabat senior Arab Saudi meskipun dia tidak pernah menyebut Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pembunuhan itu menjadi berita utama di seluruh dunia dan pengadilan terhadap beberapa terdakwa asal Saudi saat ini sedang berlangsung di Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)