Pesawat Ukraina Ditembak Jatuh Iran, Keluarga Dapat Kompensasi

Selasa, 04 Januari 2022 - 19:42 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Mei, pengadilan Kanada memasukkan putusan default yang menuduh Iran sengaja menjatuhkan pesawat dalam apa yang disebutnya "tindakan terorisme." Putusan ini memicu kemarahan Teheran, menyebutnya "memalukan".

“Semua orang tahu bahwa pengadilan Kanada pada dasarnya tidak memenuhi syarat untuk mengadili kecelakaan penerbangan ini atau potensi kelalaian dalam sebuah insiden yang berada di luar wilayah dan yurisdiksi Kanada,” kata Kementerian Luar Negeri Iran saat itu.

Pada akhir 2020, pemerintah Iran mengumumkan akan mengalokasikan USD150 ribu untuk setiap keluarga korban.

Pemerintah biasanya dilindungi dari tuntutan hukum perdata di luar negeri, tetapi undang-undang Kanada tahun 2012 membatasi kekebalan hukum negara terhadap negara asing pendukung terorisme, termasuk Iran.



Keputusan pekan lalu kemungkinan akan memperdalam ketegangan antara Kanada dan Iran.

Kanada menutup kedutaannya di Teheran dan mengusir diplomat Iran dari Ottawa pada 2012. Kanada menggambarkan Iran sebagai ancaman paling signifikan bagi perdamaian dan keamanan global di dunia.

Iran menanggapinya dengan menyebut pemerintahan Perdana Menteri Kanada saat itu, Stephen Harper, sebagai "ekstremis".

Baru-baru ini, Iran menuduh Kanada mempolitisir tanggapan atas jatuhnya pesawat PS752.

“Pejabat Kanada telah melakukan intervensi yang paling tidak beralasan sejak hari pertama dan telah mencoba untuk mencegah jalur alami masalah ini diklarifikasi,” kata juru bicara kementerian luar negeri Iran pada Desember 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)