Militer Israel Akan Luncurkan Peleton Tempur Khusus Perempuan

Selasa, 04 Januari 2022 - 17:10 WIB
loading...
Militer Israel Akan Luncurkan Peleton Tempur Khusus Perempuan
Israel akan membentuk peleton tempur khusus perempuan religius. Foto/Ilustrasi/New York Times
A A A
TEL AVIV - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dilaporkanmembentukunit tempur khusus perempuan baru untuk tentara perempuan religius yang ingin bertugas di garis depan tetapi memiliki kekhawatiran karena berada dalam jarak dekat dengan pasukan pria.

"Mulai bulan Maret, militer Israel akan menugaskan wajib militer dari perempuan yang mendaftar untuk peran tempur ke dalam peleton baru, yang akan didirikan di dalam unit pertahanan perbatasan campuran gender yang ada," menurut Times of Israel yang dinukil Russia Today, Selasa (4/12/2022).

Menurut Times of Israel IDF mengatakan langkah untuk mengizinkan lebih banyak perempuan untuk bertugas di unit-unit pertempuran didasarkan pada pertimbangan praktis dan bukan "agenda sosial."



Para kepala seminari keagamaan, tempat banyak perempuan lulusan sekolah menengah atas belajar sebelum melakukan pelayanan nasional, dilaporkan mengatakan kepada IDF bahwa siswa mereka memiliki keinginan yang kuat untuk bertugas dalam peran tempur, tetapi tidak dapat menyatukannya dengan ketaatan mereka terhadap “hukum kesopanan yang ketat."

Surat kabar Israel itu melaporkan perempuan yang dianggap religius diizinkan untuk memilih melakukan layanan nasional mereka dalam panggilan sipil.

Surat kabar itu mencatat unit militer satu jenis kelamin sudah ada untuk rohaniawan pria yang meminta posisi ini untuk alasan yang sama, menambahkan bahwa ada empat unit infanteri campuran di dalam Korps Pertahanan Perbatasan IDF yang bertugas mengawasi perbatasan Israel dengan Yordania dan Mesir.



Namun, topik tentara perempuan tampaknya menjadi isu hangat bagi beberapa tokoh agama dan penentang integrasi gender di militer. Menurut surat kabar tersebut, beberapa kritikus mengecam tindakan tersebut sebagai eksperimen sosial yang berbahaya dengan potensi konsekuensi bagi keamanan nasional.

Para pencela mengatakan bahwa persyaratan militer telah diturunkan untuk tentara tempur perempuan dan efektivitas militer telah dikorbankan atas nama kesetaraan gender.

Sikap pro kontra di dunia maya baru-baru ini di grup Facebook tentang IDF menyoroti sensitivitas masalah yang berkelanjutan. Outlet berita Israel Hayom mencatat bahwa sebuah postingan di halaman 'IDF Confessions' oleh mantan anggota batalyon infanteri campuran gender memicu kontroversi setelah mereka menulis bahwa tidak ada yang namanya perempuan dalam pertempuran.



“Siapa pun yang bertugas di batalyon campuran (gender) tahu bahwa laki-laki melakukan segala sesuatu yang dianggap sulit dan lebih dipercaya,” klaim poster itu, menambahkan bahwa inisiatif itu “gagal” karena “persyaratan untuk menjadi prajurit tempur (perempuan) adalah sangat rendah.”
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)