Bukan Nuklir dan Konfrontasi, Ini Kebijakan Kim Jong-un di Tahun 2022

Sabtu, 01 Januari 2022 - 14:16 WIB
loading...
A A A


"Secara keseluruhan, Kim mungkin sadar bahwa mengungkapkan rencana pengembangan militer yang canggih sementara orang-orang menderita kekurangan makanan dan kondisi yang keras di luar Pyongyang mungkin bukan ide yang bagus tahun ini," tulisnya di Twitter.

Laporan media pemerintah hari Sabtu mengutip pengembangan "satu demi satu sistem senjata ultra-modern" sebagai pencapaian besar tahun lalu dan mengatakan Kim Jong-un menyerukan penguatan pertahanan nasional untuk menghadapi situasi internasional yang tidak stabil.

Sebuah pabrik traktor yang dia bahas dalam pidato itu kemungkinan digunakan untuk membangun kendaraan peluncuran untuk rudal, kata para analis asing, dan Korut diyakini telah memperluas persenjataannya meskipun dikunci.

Laporan pidato Kim tidak menyebutkan seruan Amerika Serikat untuk pembicaraan denuklirisasi, atau dorongan Korsel untuk deklarasi secara resmi mengakhiri Perang Korea 1950-1953 sebagai cara untuk memulai kembali negosiasi tersebut.

Korut sebelumnya mengatakan terbuka untuk diplomasi, tetapi tawaran Amerika tampak hampa sementara "tindakan bermusuhan" seperti latihan militer dan sanksi terus berlanjut.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)