Bukan Nuklir dan Konfrontasi, Ini Kebijakan Kim Jong-un di Tahun 2022

Sabtu, 01 Januari 2022 - 14:16 WIB
loading...
Bukan Nuklir dan Konfrontasi, Ini Kebijakan Kim Jong-un di Tahun 2022
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un tidak menyinggung soal senjata nuklir dan AS dalam pidato Tahun Barunya. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengakhiri tahun ke-10 kekuasaannya dengan pidato yang lebih banyak menyebutkan pabrik traktor dan seragam sekolah daripada senjata nuklir atau Amerika Serikat (AS), menurut ringkasan media pemerintah.

"Tujuan utama Korea Utara untuk tahun 2022 adalah memulai pembangunan ekonomi dan meningkatkan kehidupan masyarakat karena menghadapi perjuangan hidup dan mati yang hebat," kata Kim dalam pidato pada hari Jumat di akhir Rapat Pleno ke-4 Komite Sentral ke-8 Partai Buruh Korea (WPK), yang dimulai pada Senin lalu seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/1/2022).

Pertemuan tersebut bertepatan dengan peringatan 10 tahun Kim Jong-un secara efektif mengambil alih kepemimpinan negara setelah kematian ayahnya pada tahun 2011 lalu.

Kim Jong-un telah menggunakan pidato Tahun Baru untuk membuat kebijakan utama termasuk meluncurkan kebijakan diplomatik yang signifikan dengan Korea Selatan (Korsel) dan AS.



Tetapi ringkasan pidatonya yang diterbitkan di media pemerintah Korut tidak menyebutkan secara spesifik tentang AS, dengan hanya mengacu pada diskusi yang tidak ditentukan tentang hubungan antar-Korea dan "urusan luar".

Fokus domestik pidato tersebut menggarisbawahi masalah ekonomi yang dihadapi Kim Jong-un di dalam negeri, di mana penguncian anti-pandemi di perbatasan yang dipaksakan telah membuat negara itu lebih terisolasi daripada sebelumnya, dengan organisasi bantuan internasional memperingatkan kemungkinan kekurangan pangan dan krisis kemanusiaan.

"Tugas utama yang dihadapi Partai dan rakyat kita tahun depan adalah memberikan jaminan yang pasti untuk pelaksanaan rencana lima tahun dan membawa perubahan yang luar biasa dalam pembangunan negara dan standar hidup rakyat," kata Kim Jong-un seperti dikutip media pemerintah.

Kim Jong-un menghabiskan sebagian besar pidatonya merinci masalah domestik dari rencana ambisius untuk pembangunan pedesaan hingga pola makan masyarakat, seragam sekolah dan kebutuhan untuk menindak "praktik non-sosialis."

"Fokus besar pada pembangunan pedesaan kemungkinan merupakan strategi populis," kata Chad O'Carroll, pendiri NK News, situs berbasis di Seoul yang memantau Korut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)