Gempa Magnitudo 7,4 di Indonesia, Australia Ikut Bergoyang

Kamis, 30 Desember 2021 - 06:58 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 7,4 di Indonesia, Australia Ikut Bergoyang
Gempa magnitudo 7,4 melanda Laut Banda selatan, Indonesia, Kamis (30/12/2021). Gempa ini menyebabkan wilayah Darwin, Australia, ikut bergoyang. Foto/ABC.net.au
A A A
JAKARTA - Gempa magnitudo 7,4 mengguncang kawasan di Laut Banda, Indonesia , Kamis (30/12/2021). Gempa ini juga menyebabkan wilayah Darwin, Australia , ikut bergoyang.

Versi Geoscience Australia (GA), kekuatan gempa adalah magnitudo 7,3. Lokasinya di Laut Banda selatan, utara Timor-Leste.

Gempa terjadi sesaat sebelum pukul 04.00 pagi waktu setempat dan tidak ada ancaman tsunami ke daratan, pulau atau wilayah Australia.



Ahli seismologi senior GA, Hadi Ghasemi, mengatakan gelombang seismik menempuh jarak ratusan kilometer untuk mengguncang Top End.

"Pemodelan kami dan juga laporan pertama semuanya menunjukkan tingkat guncangan tanah sedang hingga ringan," katanya.

"Kami tidak mengharapkan adanya kerusakan pada struktur yang dibangun dengan baik."

Dia mengatakan bahwa efek gempa biasa dirasakan oleh masyarakat Darwin sekitar magnitudo 5. "Jadi tidak heran jika itu dirasakan secara luas oleh 1.900 orang di Australia," katanya.

Para warga Darwin melaporkan merasakan bumi bergetar selama sekitar satu menit ketika tumbukan mencapai Top End, dengan beberapa di antaranya juga melaporkan suara gemuruh.

Penghuni gedung apartemen mengatakan ada goyangan di beberapa gedung di kota dan pinggiran utara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)