5 Negara Penganut Atheis Terbanyak, 2 Teratas di Asia

Kamis, 23 Desember 2021 - 12:22 WIB
loading...
5 Negara Penganut Atheis Terbanyak, 2 Teratas di Asia
Penumpang antre naik kereta menuju kampung halaman jelang perayaan Tahun Baru China di Beijing, awal Januari 2020. Berdasarkan data dari World Population Review 2021, total atheis di China 91%, paling tinggi di dunia. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Sejumlah negara ternyata banyak warganya yang tidak mengakui keberadaan Tuhan (atheis). Banyak alasan mengapa mereka memilih atheis. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 negara dengan jumlah atheis terbanyak di dunia.

1. China
China merupakan negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi sekaligus penganut atheis terbanyak di dunia. Berdasarkan hasil survei dan data dari World Population Review 2021, total atheis di Negeri Tirai Bambu ini sebesar 91%. Dari jumlah itu, hampir 67% menyatakan yakin atheis, sisanya mengeklaim nonreligius.

Melansir hrw.org, China secara resmi memang negara atheis, di mana anggota Partai Komunis dilarang mempercayai atau mempraktikkan keyakinan apa pun. Hal itu karena adanya kekhawatiran bahwa agama dapat berfungsi sebagai alternatif komunisme yang dapat merusak loyalitas kepada pemerintah.

2. Jepang
Posisi kedua sebagai negara penganut atheis terbanyak adalah Jepang. Diketahui, jumlah atheis di Negeri Sakura ini sebesar 86%, dengan 29% di antaranya yakin ateis. Merunut sejarah, agama di Jepang secara historis berpusat di sekitar Shintoisme.

Hal itu didasarkan pada ritual dan mitologi seputar masa lalu kuno Jepang. Diketahui, tidak ada pelajaran agama di sekolah-sekolah Jepang karena mereka memandang agama adalah urusan masing-masing individu.

3. Swedia
Swedia merupakan negara nordik yang terletak di Skandinavia. Negara ini menempati posisi ketiga sebagai negara penganut atheis terbanyak, yakni 78%. Sebanyak 18% penduduknya menyatakan yakin atheis.



Swedia semakin menjadi sekuler dalam beberapa tahun terakhir. Hal itu dikarenakan adanya keterputusan antara popularitas tradisi religius seperti Natal atau Paskah serta komitmen agama yang benar.

4. Republik Ceko
Republik Ceko dikenal sebagai negara yang menganut atheis tertinggi di Eropa. Diketahui hampir 75% penduduk Ceko menyatakan atheis dan 25% di antaranya yakin atheis. Hal ini terjadi lantaran runtuhnya komunis yang mengakibatkan penduduk Ceko lebih memilih tidak menganut agama apa pun.

Masa lalu komunis di negara ini memang cukup menekan kebangkitan agama mana pun dari tahun 1948 hingga 1989. Pada masa sebelumnya, agama Kristen Katolik menjadi agama mayoritas hingga pertengahan abad ke-20.

5. Estonia
Estonia, sebuah negara yang terletak di kawasan baltik, Eropa Utara. Sebanyak 70% penduduk Estonia tidak beragama (atheis), dengan 10% yakin atheis. Agama di Estonia dilihat sebagai keyakinan para penjajah, yang kemudian ditolak oleh mayoritas.

Ringgo Ringvee, penasihat Departemen Urusan Agama Estonia mengungkapkan bahwa salah satu alasan utama Estonia dikenal sebagai masyarakat sekuler adalah adanya identitas nasional dan agama yang tidak tumpang tindih. Diketahui, sekolah-sekolah di Estonia tidak menonjolkan pelajaran agama sebagai kurikulum pendidikan.

*Dilansir dari berbagai sumber
(poe)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1929 seconds (10.55#12.26)