Komandan AU: Jika Diperlukan, Israel Bisa Serang Fasilitas Nuklir Iran Besok

Kamis, 23 Desember 2021 - 02:41 WIB
loading...
A A A
Hubungan Israel dan Iran tegang sejak Revolusi Islam 1979 di Teheran. Pada saat itu, pemimpin tertinggi Ayatollah Khomeini mengambil sikap anti-Israel yang tajam dan memutuskan semua hubungan dengan tetangganya. Selama bertahun-tahun, kedua belah pihak telah terlibat dalam serangan balas dendam, tetapi telah menghindari konflik militer langsung.

Hubungan antara kedua belah pihak semakin memburuk karena program nuklir Iran, yang dianggap Israel sebagai ancaman bagi keberadaannya. Pada 2015, Iran, Inggris, China, Prancis, Jerman, Rusia, dan AS menandatangani Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang umumnya dikenal sebagai perjanjian nuklir Iran .

Berdasarkan perjanjian tersebut, Iran akan menghentikan program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi dan embargo senjata.



Israel sangat menentang JCPOA, dengan mantan Perdana Menteri negara itu Benjamin Netanyahu berargumen bahwa kesepakatan itu tidak menghalangi jalan Iran untuk mengembangkan bom nuklir, tetapi malah membuka jalan Iran untuk itu.

Donald Trump, presiden AS pada tahun 2017, juga mengkritik keras kesepakatan itu dan pada tahun 2018 menarik negara itu dari perjanjian tersebut meskipun ada peringatan dan kritik dari pihak penandatangan lain.

Setelah menjabat, Presiden AS yang baru Joe Biden menyuarakan niatnya untuk menghidupkan kembali JCPOA. Namun, keinginan pribadi Joe Biden, agak terhambat oleh Gedung Putih yang mendorong lebih banyak pembatasan untuk dimasukkan dalam perjanjian.

Israel telah menyuarakan penentangan terhadap upaya untuk memulihkan kesepakatan itu. Iran bersikeras bahwa program nuklirnya dimaksudkan hanya untuk tujuan damai, mengutip keputusan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei tahun 2009, yang mengutuk penggunaan dan pengembangan senjata pemusnah massal dan menggambarkannya sebagai pelanggaran terhadap struktur moral Islam.

Awal pekan ini, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan tiba di Israel untuk mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengenai kesepakatan nuklir Iran.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)