Vladimir Putin: Soal Janji, AS Tidak Dapat Dipercaya

Selasa, 21 Desember 2021 - 20:45 WIB
loading...
Vladimir Putin: Soal Janji, AS Tidak Dapat Dipercaya
Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut AS tidak dapat dipercaya untuk menepati janji. Foto/Financial Times
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin skeptis dapat mengunci kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) untuk membatasi ekspansi NATO di Eropa Timur. Menurutnya harapannya sangat tipis karena AS dengan mudah menghancurkan perjanjian yang ditandatangani dalam waktu singkat.

Saat berpidato di hadapan perwira militer senior Rusia, Putin mengatakan dia tidak lagi memandang Barat sebagai mitra yang dapat diandalkan. Rusia telah mencoba mendapatkan jaminan tertulis tentang kehadiran pasukan dan perangkat keras AS di dekat perbatasannya, tetapi bahkan jaminan itu tidak dapat diandalkan.

“Kami membutuhkan jaminan jangka panjang yang mengikat secara hukum. Tapi Anda dan saya mengenal mereka dengan baik. Dan itu adalah sesuatu yang tidak dapat dipercaya,” kata Putin, mencatat bahwa AS dengan mudah menarik diri dari perjanjian internasional seperti dilansir dari Russia Today, Selasa (21/12/2021).

Putin tampaknya merujuk penarikan sepihak Washington dari Perjanjian Anti Rudal Balistik yang penting pada tahun 2002. Kesepakatan itu, ditandatangani antara Uni Soviet dan AS pada tahun 1972, yang dimaksudkan untuk membatasi kemampuan pertahanan rudal kedua belah pihak.



“Anda dan saya sama-sama tahu betul: dengan berbagai dalih, termasuk tujuan memastikan keamanan mereka sendiri, bahwa mereka bertindak ribuan kilometer jauhnya dari wilayah nasional mereka,” ujarnya.

“Ketika hukum internasional dan Piagam PBB ikut campur, mereka menyatakan semuanya usang dan tidak perlu,” ia menambahkan.

Putin menambahkan bahwa dia menganggap ekspansi NATO lebih lanjut ke Eropa Timur sebagai konsekuensi dari “euforia” yang berasal dari kemenangan nyata Barat dalam Perang Dingin dan hasil dari salah analisis. Dia juga mengungkapkan kebingungannya atas perambahan blok militer pimpinan AS di perbatasan negaranya meskipun hubungan persahabatan antara Moskow dan Barat pada waktu itu.

Putin menekankan bahwa Rusia siap untuk mengambil tindakan militer dan teknis sebagai tanggapan atas apa yang dianggapnya sebagai langkah tidak bersahabat yang diambil oleh Washington, bersikeras bahwa itu adalah hak Moskow untuk melakukannya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)