Aksi Pangeran Arab Saudi di Pengasingan Bikin Gempar, Berniat Kudeta

Sabtu, 18 Desember 2021 - 00:00 WIB
loading...
Aksi Pangeran Arab Saudi di Pengasingan Bikin Gempar, Berniat Kudeta
Pangeran Khaled bin Farhan al-Saud. Foto/daily sabah
A A A
BERLIN - Berita mengenai pangeran Arab Saudi yang ingin melakukan reformasi terhadap pemerintahan negara asalnya sempat santer beberapa waktu lalu.

Pangeran yang bernama Khaled bin Farhan al-Saud ini dikabarkan membentuk satu kelompok oposisi yang diberi nama Gerakan Kebabasan Rakyat Semenanjung Arab.

Dengan gerakan oposisi itu, dia berniat melancarkan kudeta atas kerajaan Saudi. Dia beranggapan aksi kudeta ini diperlukan karena berbagai aturan pemerintahan Raja Arab Saudi Salman yang dianggap tidak rasional, tidak menentu, dan sangat konservatif.



Pangeran Khaled sendiri adalah pangeran yang memutuskan melarikan diri dari negara asalnya setelah diperingatkan akan adanya perintah penangkapan atas dirinya karena telah mengkritik pemerintah pada 2007.



Merupakan anggota keluarga kerajaan dari cabang al-Farhan, ayah sang pangeran dikenal karena pernah mendorong sistem monarki konstitusional.

Baca juga: 4 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Dunia, Nomor 1 Paling Parah

Ia tiba di Jerman dan mengasingkan diri pada 2013. Ia diketahui menerima suaka politik dari Jerman dua bulan setelah kedatangannya.

Intelijen Jerman memberi tahu sang pangeran bahwa keamanannya di negara tersebut tidak terjamin, bahkan jika ia terus-menerus pergi mengelilingi Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)