Terlihat Mesra, China-Rusia Tidak Saling Mendukung Secara Militer

Jum'at, 17 Desember 2021 - 14:00 WIB
loading...
A A A
"Presiden Xi menekankan bahwa dia memahami kekhawatiran Rusia dan sepenuhnya mendukung inisiatif kami untuk mengembangkan jaminan keamanan yang sesuai untuk Rusia," kata Yury Ushakov, ajudan presiden Rusia untuk kebijakan luar negeri.

Rilis dari Kementerian Luar Negeri China tidak menggambarkan hubungan dengan Rusia sebagai semacam aliansi. Kedua negara adalah mitra dagang utama, dengan China membeli sejumlah besar produk energi dari Rusia.

"China tidak menginginkan aliansi militer formal dengan Rusia, karena ingin menghindari keterlibatan langsung dalam politik internasional yang berantakan dari gerakan destabilisasi Moskow di Eropa Timur, dan memiliki 'kebijakan perdamaian luar negeri independen' yang menentang konflik militer dan menekankan pentingnya dialog," kata Thomas dari Eurasia Group.



"Rusia adalah mitra junior dalam hubungan bilateral," kata Thomas.

"Dan ambisi Moskow di Ukraina hampir tidak cukup penting bagi Beijing untuk meninggalkan penentangannya yang lama terhadap aliansi formal dalam urusan internasional," tuturnya.

Sambil mencari kepentingannya sendiri, Beijing mengklaim prinsip inti "Pemikiran Xi Jinping tentang Diplomasi" adalah membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dengan tujuan untuk mempertahankan perdamaian dunia dan mempromosikan pembangunan bersama.

Awal pekan ini, kementerian luar negeri China mengatakan Xi mengirim pesan belasungkawa kepada Biden atas kematian dan kehancuran akibat tornado yang dahsyat di AS.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)