Mengapa Raja Salman Tak Muncul saat Para Penguasa Arab Kumpul di Saudi?

Kamis, 16 Desember 2021 - 16:31 WIB
loading...
Mengapa Raja Salman Tak Muncul saat Para Penguasa Arab Kumpul di Saudi?
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud tak muncul saat para penguasa Arab berkumpul di Arab Saudi hari Selasa lalu. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Ketika para penguasa Arab tiba di Riyadh pada hari Selasa, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) tampil sebagai orang yang bertanggung jawab atas kerajaannya. Sebaliknya, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud tidak muncul sama sekali.

Para penguasa yang tiba antara lain pemimpin Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, dan Bahrain disambut dengan karpet ungu menuju aula resepsi.



Kondisi kesehatan Raja Salman diketahui telah menurun. Hal itu yang diduga membuatnya tidak tampil depan umum, termasuk pertemuan para penguasa Arab.

Bagi tokoh-tokoh regional, kegagalan Raja Salman untuk menjalankan perannya menandakan sesuatu yang lebih penting daripada pewaris takhta yang diberi tanggung jawab lebih.

Begitu pentingnya raja yang "hilang", sehingga pengamat di Arab Saudi mengatakan bahwa peralihan dinasti dari ayah ke anak—untuk semua maksud dan tujuan—telah terjadi.

Selama 20 bulan terakhir, Raja Salman hanya membuat satu penampilan publik dan telah tinggal selama pandemi COVID-19 di kota zaman baru NEOM—proyek kesayangan MBS yang suatu hari nanti secara resmi akan naik takhta.

Satu-satunya kunjungannya baru-baru ini ke kursi kekuasaan Arab Saudi di Riyadh adalah pada Agustus 2020 untuk operasi kantong empedu yang sukses.

Audiensi terakhirnya dengan seorang pejabat Barat adalah dengan mantan menteri luar negeri Inggris, Dominic Raab, lima bulan sebelumnya.

Ketika Presiden Prancis Emmanuel Macron bertemu MBS di Jeddah baru-baru ini, Raja Salman juga tidak muncul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)