KBRI Nairobi Pulangkan 6 ABK yang Terlantar dari Kenya

Rabu, 15 Desember 2021 - 22:46 WIB
loading...
A A A


“Saya mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar RI di Nairobi atas bantuannya bagi penyelesaian masalah yang kami hadapi. Saya juga menghimbau teman-teman seafarer, jika menghadapi masalah silahkan datang ke KBRI,” demikian disampaikan Arief Sukmajaya Dilaga mewakili teman teman ABK Horakty saat pertemuan dengan Dubes RI dalam rilis yang diterima Sindonews.

Menanggapi hal tersebut, Dubes RI menyatakan bahwa apa yang dilakukan KBRI merupakan kewajiban sebagai wakil negara di luar negeri.

“Merupakan kewajiban KBRI untuk memberikan pendampingan serta dukungan kepada seluruh WNI termasuk ABK guna menjamin terlindunginya hak-hak para WNI,” demikian disampaikan Duta Besar Indonesia Mohamad Hery Saripudin.

Saat ini terdapat sekitar 26 ABK asal Indonesia yang berada di Mombasa. Mereka bekerja pada kapal-kapal ikan dan logistik berbendera Kenya dan Korea. Secara umum, para ABK tersebut, selain awak Horakty dan Ocean Eagle, cukup puas dengan gaji dan suasana di tempat kerja masing-masing.

Citra ABK asal Indonesia di Kenya cukup baik. Hal tersebut antara lain tercermin dari terus banyaknya permintaan akan ABK dari Tanah Air. Beberapa ABK yang telah selesai kontrak di Kenya dan kembali Indonesia juga digantikan oleh ABK lain dari Indonesia.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2043 seconds (0.1#10.140)