KBRI Buenos Aires Kunjungi Puerto Deseado, Pastikan ABK Indonesia Siap Melaut Kembali

Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:57 WIB
loading...
KBRI Buenos Aires Kunjungi Puerto Deseado, Pastikan ABK Indonesia Siap Melaut Kembali
Pihak KBRI Buenos Aires mengunjungi para ABK Indonesia yang bekerja di Puerto Deseado, Argentina. Foto/KBRI Buenos Aires
A A A
BUENOS AIRES - Para anak buah kapal (ABK) Indonesia banyak yang bekerja di Puerto Deseado, kota pelabuhan di selatan Argentina, 2.000 km dari Buenos Aires . Mereka merupakan pelaut yang sehari-harinya menangkap cumi-cumi di lautan Atlantik, namun saat ini masih menunggu dimulainya musim tangkap berikutnya di bulan Januari-Juli 2022.

Selagi menunggu dimulainya musim tangkap, mereka melakukan pekerjaan yang diperlukan, seperti memperbaiki mesin atau peralatan, mengecat kapal, dan mengisi persediaan.



Mengantisipasi laporan dan keluhan yang sering diterima tentang kelayakan kondisi kerja para pelaut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Buenos Aires meninjau beberapa kapal yang bersandar di Puerto Deseado, seperti Espadarte, Claudina, Virasa 17, Virasa 18, dan Orion 5.

KBRI mengamati dan mencatat laporan mereka mengenai standar keamanan kerja yang tinggi di kapal tersebut dan bagaimana mereka diperlakukan dengan baik oleh perusahaan dan rekan kerja mereka.

Bambang Patria Widjanarko, pelaut Indonesia yang sudah bekerja di kapal Espadarte selama 23 tahun menyatakan dirinya sangat puas dengan pekerjaannya saat ini. ”Tugas di sini memang berat, tapi kami mendapat insentif yang tinggi dari perusahaan, sehingga bisa membantu ekonomi keluarga,” ujarnya, seperti dalam keterangan pers KBRI Buenos Aires yang diterima SINDOnews.com, Sabtu (4/12/2021).

Dalam sesi silaturahmi dan sosialisasi peraturan keimigrasian terkini, Sekretaris Ketiga Penerangan dan Ekonomi KBRI Buenos Aires, Anindita Aji Pratama meminta mereka tetap patuhi protokol kesehatan, terutama dalam hadapi varian baru COVID-19, Omicron, yang lebih menular.

Di akhir acara, KBRI memberikan bantuan obat-obatan, pakaian, dan alat kebersihan diri, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah RI terhadap kesehatan ABK yang terus bekerja dalam kondisi yang keras.

Bambang pun mengapresiasi Pemerintah RI—diwakili KBRI Buenos Aires—yang telah menunjukkan kepedulian yang besar, sehingga akan menambah semangat kerja para ABK dalam menghadapi musim tangkap berikutnya.

Di Argentina, ada sekitar 100 ABK Indonesia yang tersebar di berbagai pelabuhan penting di Argentina, seperti Buenos Aires, La Plata, Mar del Plata, BahĂ­a Blanca dan Puerto Deseado. Mereka adalah bagian penting dari ekonomi Argentina dan banyak berkontribusi untuk menjaga rantai pasok tetap berjalan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)