Mengerikan, Rusia Peringatkan Virus-virus Purba Bangkit Kembali

Selasa, 14 Desember 2021 - 14:52 WIB
loading...
Mengerikan, Rusia Peringatkan Virus-virus Purba Bangkit Kembali
Pemanasan global mempercepat es di kutub mencair. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Mencairnya lapisan es akibat pemanasan global mungkin tidak hanya menyebabkan pelepasan gas metana dan potensi kehancuran infrastruktur Arktik.

Ada potensi yang lebih mengerikan daripada itu semua. Rusia memperingatkan, pemanasan global juga dapat menyebabkan virus dan bakteri purba terbangun dari tidur panjang.

Berbicara kepada saluran TV Zvezda, diplomat senior Nikolay Korchunov mengungkapkan Rusia telah mengusulkan proyek keamanan hayati ke Dewan Arktik, forum antar pemerintah yang terdiri dari delapan negara yang memiliki kedaulatan atas tanah di dalam Lingkaran Arktik.



“Ada risiko virus dan bakteri purba terbangun,” ungkap Korchunov.

“Karena itu, Rusia telah memprakarsai proyek 'keamanan hayati' di dalam Dewan Arktik," papar dia.

Dia mencatat bahwa mereka akan ditugaskan mengerjakan seluruh rangkaian "risiko dan bahaya" yang terkait dengan "degradasi lapisan es" dan "penularan penyakit di masa depan.”

Korchunov bukan yang pertama menunjukkan efek samping perubahan iklim yang berpotensi menghancurkan ini.

Awal tahun ini, ilmuwan Rusia Sergei Davydov memperingatkan pencairan lapisan es dapat membawa bagian ekosistem purba ke permukaan bumi, termasuk virus.

Davydov memperingatkan sebagian besar wilayah Rusia adalah lapisan es yang belum mencair dalam jutaan tahun, dan virus-virus kuno, beberapa di antaranya bisa sangat berbahaya, bisa berada di dalamnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)