Protes Olimpiade Beijing, Pelajar Tibet Memborgol Dirinya ke Cincin Olimpiade

Minggu, 12 Desember 2021 - 08:21 WIB
loading...
A A A
Pemerintah China telah mengancam "tindakan balasan yang tegas" jika boikot berlanjut. China juga mencatat bahwa tidak ada pejabat AS yang secara resmi diundang untuk menghadiri Olimpiade.

Polisi mulai memindahkan pengunjuk rasa setelah tiga jam melakukan aksi. Meskipun penyelenggara dan saksi mata Reuters mengatakan aksi protes itu berlangsung damai, IOC mengatakan salah satu penjaga keamanannya terluka.

IOC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka“selalu mendengarkan semua kekhawatiran yang terkait langsung dengan Olimpiade.

"Kami telah terlibat beberapa kali dengan pengunjuk rasa damai dan menjelaskan posisi kami, tetapi kami tidak akan terlibat dengan pengunjuk rasa kekerasan yang menggunakan kekuatan untuk memasuki gedung dan melukai seorang penjaga keamanan dengan melakukannya,” kata IOC.



Pada tahun 1980, Presiden Jimmy Carter memerintahkan AS memboikot penuh Olimpiade Musim Panas di Moskow sebagai tanggapan atas invasi Soviet ke Afghanistan. Sebanyak 65 negara menolak untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Moskow. Uni Soviet membalas dengan memimpin boikotnya sendiri empat tahun kemudian, ketika Olimpiade diadakan di Los Angeles.

Olimpiade Musim Dingin 2022 akan berlangsung 4 Februari hingga 20 Februari. Ini akan menjadi kedua kalinya Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade, setelah sebelumnya menjadi tempat Olimpiade Musim Panas 2008.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2356 seconds (0.1#10.140)