Tak Hanya Ancaman, Israel Siapkan Opsi Militer Menyerang Iran

Minggu, 12 Desember 2021 - 05:16 WIB
loading...
A A A
Satu sumber diplomatik terpisah mengatakan kepada media Israel bahwa pengumuman Israel itu tidak mendapat keberatan dari pejabat Amerika.

"Tidak ada veto," ungkap sumber itu seperti dikutip Jerusalem Post.

Selama kunjungannya di AS, Gantz menyatakan harapannya memperdalam “dialog dan kerja sama” dengan Washington dalam hal Iran, serta untuk meningkatkan “kesiapan militer bersama untuk menghadapi Iran dan untuk menghentikan agresi regional dan aspirasi nuklirnya.”

Meski Austin tampaknya kurang suka berperang, dia mengatakan Washington prihatin dengan kegagalan Iran menunjukkan keterlibatan diplomatik yang konstruktif.

Dia memperingatkan bahwa Presiden AS Joe Biden "siap untuk beralih ke opsi lain" dalam berurusan dengan Teheran.

Tak lama setelah pertemuan Lloyd-Gantz berakhir, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki menggandakan kesiapan AS untuk mengeksplorasi "opsi" lainnya.

“Mengingat kemajuan yang sedang berlangsung dalam program nuklir Iran, presiden telah meminta timnya bersiap jika diplomasi gagal, dan kita harus beralih ke opsi lain, dan itu membutuhkan persiapan,” ungkap Psaki.

Dia mengatakan "opsi" mungkin termasuk "langkah-langkah tambahan untuk lebih membatasi sektor penghasil pendapatan Iran." Namun dia menghindari penyebutan eksplisit opsi militer.

Retorika permusuhan muncul di tengah pembicaraan Wina yang baru-baru ini dilanjutkan, yang dirancang untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran 2015, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPA).

Negosiasi, bagaimanapun, belum melangkah lebih jauh, dengan Teheran terus menuntut agar Washington mencabut sanksi "penindasan" secara penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)