AS Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin, China Ancam Balas Dendam

Selasa, 07 Desember 2021 - 15:15 WIB
loading...
A A A
"Tapi ini seharusnya bukan satu-satunya tindakan. AS sekarang harus menggandakan upaya dengan pemerintah yang berpikiran sama untuk menyelidiki dan memetakan jalur menuju akuntabilitas bagi mereka yang bertanggung jawab atas kejahatan ini dan keadilan bagi para penyintas," kata Sophie Richardson, direktur China di HRW, dalam sebuah pernyataan.

Potensi efek bola salju jelas ada di benak beberapa diplomat China. Misi China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, misalnya, menyebut langkah AS sebagai cerminan "mentalitas Perang Dingin".

"AS hanya ingin mempolitisasi olahraga, menciptakan perpecahan, dan memprovokasi konfrontasi. Pendekatan ini tidak akan mendapat dukungan dan pasti akan gagal. Itu hanya akan membuat mereka lebih terisolasi dan menentang tren zaman dan sebagian besar negara dan orang-orang di seluruh dunia," kata juru bicara Zhu Zhiqiang dalam sebuah pernyataan.

Tanggapan Washington terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing sangat kontras dengan pendekatannya terhadap Olimpiade Musim Panas Beijing 13 tahun lalu, ketika pemerintah China menghadapi kritik keras dan protes terhadap tindakan kerasnya terhadap Tibet.

Pada 2008, Presiden George W. Bush saat itu menghadiri upacara pembukaan Olimpiade dan menyemangati para atlet Amerika selama Olimpiade. Ayahnya, mantan Presiden George H.W. Bush, juga menghadiri Olimpiade sebagai kapten kehormatan tim AS.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)