AS Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin, China Ancam Balas Dendam

Selasa, 07 Desember 2021 - 15:15 WIB
loading...
AS Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin, China Ancam Balas Dendam
China siapkan aksi balasan atas keputusan AS melakukan boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin 2022. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China mengancam akan membalas keputusan Amerika Serikat (AS) yangmelakukanboikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing. China memperingatkan bahwa langkah tersebut dapat merusak hubungan bilateral.

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengatakan tidak akan mengirim delegasi resmi ke Olimpiade Musim Dingin Beijing sebagai pernyataan menentang genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang sedang berlangsung di Xinjiang. Atlet AS masih akan diizinkan untuk bersaing di Olimpiade.

Baca juga: AS Pastikan Boikot Politik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Sebelum pengumuman resmi, Beijing memperingatkan akan mengambil tindakan balasan tegas terhadap Washington jika boikot diplomatik berlanjut.

"Politisi AS terus menggembar-gemborkan 'boikot diplomatik' bahkan tanpa diundang ke Olimpiade. Harapan dan keangkuhan murni ini ditujukan untuk manipulasi politik," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada konferensi pers seperti dikutip dari CNN, Selasa (7/12/2021).

Zhao menyebut boikot itu sebagai parodi besar terhadap semangat piagam Olimpiade dan penghinaan serius terhadap 1,4 miliar orang China.



"AS harus berhenti mempolitisasi olahraga dan meningkatkan apa yang disebut 'boikot diplomatik' agar tidak memengaruhi dialog dan kerja sama China-AS di bidang-bidang penting," serunya.

Hubungan antara kedua negara adidaya baru-baru ini mulai membaik, menyusul pertemuan puncak virtual bulan lalu antara Presiden AS Joe Biden dan mitranya dari China Xi Jinping.

Baca juga: China Incar Pangkalan Equatorial Guinea untuk Kapal Perangnya
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2301 seconds (11.252#12.26)