AS Pastikan Boikot Politik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Selasa, 07 Desember 2021 - 04:30 WIB
loading...
AS Pastikan Boikot Politik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022
AS Pastikan Boikot Politik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah mengambil langkah besar untuk menunjukkan penentangannya terhadap China . AS mengumumkan akan menerapkan boikot politik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Boikot diplomatik itu diterapkan AS dengan alasan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di China.

“Pemerintahan (Joe) Biden tidak akan mengirim perwakilan diplomatik atau resmi apa pun ke Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022, mengingat genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan RRT yang sedang berlangsung di Xinjiang dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya,” jelas Sekretaris Pers Gedung Putih Jen kata Psaki, seperti dikutip dari AFP, Selasa (7/12/2021).



Meski melakukan boikot politik, namun AS tetap akan mengirimkan kontingen mereka ke ajang tersebut. “Para atlet di Tim USA mendapat dukungan penuh dari kami. Kami akan berada di belakang mereka 100 persen saat kami mendukung mereka dari rumah,” lanjut Psaki.

Selama berbulan-bulan, pemerintah AS telah berusaha menemukan cara terbaik untuk memposisikan diri sehubungan dengan Olimpiade Musim Dingin, yang diselenggarakan dari 4-20 Februari, oleh negara yang dituduh melakukan “genosida” terhadap Muslim Uighur di Xinjiang — sebuah provinsi di barat laut Cina.

Beberapa organisasi hak asasi manusia menuduh Beijing telah menahan setidaknya satu juta Muslim di Xinjiang di “kamp pendidikan ulang”.



“Mengirim perwakilan resmi ke Olimpiade akan menandakan bahwa, terlepas dari “pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan dan kekejaman di Xinjiang”, Olimpiade itu “bisnis seperti biasa”. Dan, kita tidak bisa melakukan itu," ungkap Paski

Sebelumnya, China telah mengancam "tindakan balasan" jika boikot semacam itu diumumkan. "Saya ingin menekankan bahwa Olimpiade Musim Dingin bukanlah panggung untuk sikap dan manipulasi politik," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian dalam menanggapi laporan media akhir pekan bahwa boikot bisa terjadi.

Berbicara pada konferensi pers reguler pada hari Senin, dia memperingatkan AS harus berhenti "menghipnotis" boikot. “Jika AS bertekad untuk memiliki caranya sendiri, China akan mengambil tindakan balasan yang tegas,” kata Zhao.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)