Pendeta Ortodoks Yunani Sebut Paus Fransiskus Sesat

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:38 WIB
loading...
Pendeta Ortodoks Yunani Sebut Paus Fransiskus Sesat
Seorang pendeta tua Ortodoks Yunani mencemooh Paus Fransiskus ketika hendak memasuki kediaman Uskupan Agung Ortodoks di Athena pada Sabtu (5/12/2021). Foto/Gazette
A A A
ATHENA - Seorang pendeta tua Kristen Ortodoks Yunani mencemooh Paus Fransiskus ketika hendak memasuki kediaman Uskup Agung Ortodoks di Athena pada Sabtu (5/12/2021). Pendeta itu pun kemudian dibawa pergi oleh polisi.

Video menunjukkan pendeta itu, yang mengenakan jubah dan topi hitam serta memiliki janggut putih panjang, meneriakkan kata-kata dalam bahasa Yunani di luar gedung.

"Paus, Anda sesat!" katanya sebelum polisi menggiringnya pergi seperti dilansir dari Reuters, Minggu (5/12/2021).

Saksi mata mengatakan pendeta itu berteriak cukup keras agar paus mendengar keributan itu. Pria itu tampaknya jatuh saat dibawa pergi dan diangkat oleh polisi.

Paus Fransiskus tiba di Yunani pada hari Sabtu untuk kunjungan tiga hari yang diharapkan umat Katolik Yunani akan membawa gereja-gereja Timur dan Barat lebih dekat.



Insiden menjadi sebuah pengingat akan ketidakpercayaan yang masih ada di antara dua gereja yang terpecah.

Kekristenan terpecah menjadi Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur pada tahun 1054 dalam apa yang disebut sebagai Skisma Besar, dan selama berabad-abad hubungan itu menjadi hubungan yang berbatu.

Dalam pidatonya kepada uskup agung, Beatitude Ieronymos II, Paus Fransiskus meminta maaf atas nama Gereja Katolik Roma atas perannya dalam kesalahan sejarah yang menyebabkan perpecahan.

"Tragisnya, di kemudian hari kami terpisah. Kekhawatiran duniawi meracuni kami, rerumputan kecurigaan meningkatkan jarak kami dan kami berhenti memelihara persekutuan," kata Paus Fransiskus kepada Ieronymos, yang dia temui selama perjalanan pertamanya ke Yunani pada 2016.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)